Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

2019, Busway Akan Dioperasikan Di Kota Sorong

0 75

Sorong, TN – Pemerintah Kota Sorong akan segera mengoperasikan 15 unit bus di tahun 2019. Bus setara Busway yang ada di Provinsi DKI Jakarta ini akan dioperasikan setelah semua sarana pendukung seperti halte khusus untuk menjemput penumpang dibangun. Wali Kota Sorong Drs Ec Lambert Jitmau, MM mengatakan bus-bus tersebut rencananya akn beroperasi mulai dari Km 0, Saoka sampai di Kota Baru Aimas Kabupaten Sorong.

“Bus ada 15 unit. 10 unit diantaranya berukuran panjang, mirip busway di Jakarta. Jadi busway ada di Jakarta, ada juga di Kota Sorong. Beroparasi dari jalan utama di kilometer 18, namun karena permintaan pemda kabupaten Sorong, maka rute bus tersebut akan dimulai dari Tugu Merah di kabupaten Sorong, hingga masyarakat di kabupaten bisa datang ke kota sorong dengan mudah,” ungkapnya usai meninjau Proses Pemindahan 5 Unit Bus dari Halaman Kantor Dishub ke Pool Bus BRT yang ada di Jl Victory, Selasa (12/3).

Dijelaskannya, pengoperasian bus-bus ini akan dilakukan setelah dibangunnya sejumlah sarana pendukung. Seperti halte busway yang ada di Jakarta, baru kemudian Pemkot Sorong melalui Dinas Perhubungan akan mengatur jadwal pengoperasiannya agar tidak mengganggu operasional angkutan lainnya yang lebih dulu sudah ada. Orang no 1 di Kota Sorong ini juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Papua Barat yang sudah menghibahkan bus tersebut untuk mempermudah transportasi ke seluruh wilayah baik yang ada di Kota maupun Kabupaten Sorong.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sorong Drs Wilhelmus Asmuruf membeberkan 15 unit bus tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Papua Barat kepada Pemkot Sorong.

Anda mungkin juga berminat