Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kebakaran Hutan Di Rutong Menyebabkan 40 Hektar Lahan Hangus Terbakar

0 149

Ambon, TN – Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Farida Salampessy mengaku, kebakaran hutan yang terjadi di Desa Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon telah menghanguskan kurang lebih 40 Hektar lahan, diantaranya tanaman-tanaman berumur panjang seperti, cengkeh dan kelapa. Kebakaran hutan yang terjadi sejak Senin (20/1) kemarin berawal dari Dusun Kahena kemudian melebar sampai di Dusun Wayula.

“Guna mengatasi kebakaran, tim gabungan mengerahkan 5 unit mobil tanki air, 3 unit dari Dinas Kebakaran Kota Ambon dan 2 unit dari BPBD Provinsi Maluku,” katanya kepada wartawan, di Ambon, Kamis (23/1).

Menurut dia, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon mengerahkan 20 buah bodypack dilengkapi dengan personil sebanyak 30 orang. “Ada juga personil dari satuan Polisi Pamong Praja Kota Ambon yang berjumlah kurang lebih 30 orang yang turut membantu pemadaman,” jelasnya.

Salampessy mengaku, api telah berhasil dipadamkan tim, namun mengingat kondisi cuaca yang panas disertai angin yang cukup kencang yang memungkinkan munculnya titik-titik api baru, maka tim sudah diinstruksikan untuk melakukan penjagaan terhadap kemungkinan munculnya kembali kebakaran hutan.

Dikatakan, kebakaran hutan yang terjadi tersebut menjadi perhatian pemerintah setempat, bekerjasama dengan TNI dan Polri serta instansi terkait dari Pemerintah Provinsi Maluku dan masyarakat setempat.

“Dihimbau kepada masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya, untuk tidak melakukan pembukaan lahan baru dengan cara melakukan pembakaran, mengingat kondisi cuaca yang panas disertai angin yang kencang,” himbau Salampessy.

Anda mungkin juga berminat