Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kuliner Masyarakat Teluk Mayalibit, Baru Pernah Dirasaakan Wisatawan

0 225

Waisai, TN – Hari pertama tur wisata Festival Pesona Bahari Raja Amlat 2019, Sabtu (19/10) diagendakan para peserta wisatawan menikmati pesona Teluk Mayalibit.

Selain 3 objek wisata Teluk Mayalibit yakni, Kali Biru, Batu Kelamin, dan Kolam Ajelly, Kuliner asli ciri khas Teluk Mayalibit kabuoaten Raja Ampat yang disajikan di warga kampung Lopintol, Distrik Teluk Mayalibit pun menjadi daya tarik utama yang cukup digemari wisatawan.

CEO G-Tour, Ronald Tambunan saat ditemui teropongnews.com langsung saat menikmati kuliner khas Teluk Mayalibit mengatakan kuliner khas ini enak dinikmati baik sebagai kudapan maupun menu utama.

“Apalagi ikan bakar yang tadi disajikan, mantap banget,” ujar Ronald Tambunan

Hal senada dikatakan Sergey, wisatawan asal Latvia, dirinya mencoba seluruh sajian yang disajikan, baik jenis ikan, kerang-kerangan (bia, red), ubi-ubian, sayuran pakis, hingga papeda. Ia terlihat sangat menikmati sajian yang disajikan pengelola kuliner dan budaya kampung Lopintol.

“Saya sudah lama tinggal di kawasan Asia Tenggara, jadi menu yang pedas sudah biasa. Hanya disini menu seafoodnya cukup berbeda, tidak overcooked atau dimasak berulang-ulang, jadi enak sekali,” terang Sergey

Wisatawan tertua pada Festival Bahari 2019 ini, Gerard, yang berusia 73 tahun asal Austria cukup menikmati kuliner khas yang disajikan. Kepada teropongnews.com, ia mengatakan bahwa seafood yang disajikan sangat sehat bagi dirinya yang sudah berusia lanjut.

“Saya sangat menikmati menu yang diberikan. Dulu saya pernah bertugas mengatur kandungan makanan bagi teman-teman saya yang dalam kondisi pengobatan, jadi saya paham dengan jenis-jenis makanan, dan menu ini sangat sehat,” jelas Gerard

Kuliner khas Teluk Mayalibit yang disajikan pengelola kuliner kampung Lopintol secara umum adalah menu seafood yang terdiri atas ikan bakar, ikan kuah kuning, kerang-kerangan dalam bentuk sate dan rebusan, sate ulat sagu, sayur-sayuran, olahan ubi-ubian, dan papeda. Bukan hanya itu, juga disediakan minuman khas kampung Lopintol.

Anda mungkin juga berminat