Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Wawali Pastikan Sayuran Di Ambon Aman Dikonsumsi

0 63

Ambon, TN – Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler memastikan sayuran di Ambon aman dikonsumsi. Pernyataan Wawali ini, menyikapi beredarnya informasi, terkait beberapa jenis sayuran mengandung residu pestisida serta terkontaminasi bacteri e-colli.

“Informasi yang beredar cukup meresahkan masyarakat, dan apabila tidak ditangani secara baik maka petani kita akan merugi,” kata Wawali kepada wartawan, di ruang kerjanya, Jumat (20/9) pagi.

Wawali menambahkan, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Agustus lalu menyurati Walikota Ambon. Surat tersebut berisi hasil uji laboratorium Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku untuk beberapa jenis sayur, seperti bayam merah, kangkung, sawi, terung ungu, terung hijau dan selada.

“Surat yang ditujukan kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, untuk meminta melakukan pembinaan dan pengawasan kepada para petani dalam penggunaan residu pestisida,” jelas Wawali.

Wawali menegaskan, jenis sayur yang sedang viral dibicarakan di media sosial tersebut, masih dalam ambang batas normal, belum melebihi 0,1 mg/kg. Hasil uji laboratorium kandungan pestisida jenis sayuran itu 0.0058 mg/kg artinya masih aman untuk dikonsumsi.

Untuk itu Wawali menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Ambon untuk tetap mengonsumsi sayuran, guna mencukupi kebutuhan gizi. Sayuran harus dicuci bersih, dan dimasak hingga matang untuk mematikan bakteri.

Terkait terdeteksinya residu pestisida, lanjut Wawali, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan melakukan pendampingan dan pengawasan kepada petani sayuran, sehingga kedepan penggunaannya bisa sesuai dengan batasan yang ditentukan.

Anda mungkin juga berminat