Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Berikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Tim Kemenko Polhukam Berharap Forkopimda Raja Ampat Pahami Pancasila

0 135

Waisai, TN – Deputi bidang Kesatuan Bangsa Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) melakukan kunjungan kerja dalam acara Sosialisasi Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Polres Raja Ampat, Kamis (12/9).

Acara sosialisasi tersebut dihadiri perwakilan Forkopimda kabupaten Raja Ampat juga unsur pimpinan dan perwira Polres Raja Ampat dan Dinas Kesbangpol kabupaten Raja Ampat.

Dalam paparannya, Sekretaris Deputi VI/Kesbang Kemenko Polhukam, Brigdjen Pol drs. Mamboying menjelaskan tentang landasan ideologi bangsa, yakni Pancasila, yang harus dipahami setiap Warga Negara Indonesia (WNI) dalam bingkai wawasan kebangsaan dan bela negara dalam segala aspek kehidupan.

“Pancasila adalah ideologi bangsa, melindungi beraneka ragam suku bangsa di Indonesia, sehingga kita harus menjadi warga negara yang berbangsa dan bernegara didasarkan atas karakter multi etnis, suku dan agama yang telah mengakar kuat pada bangsa Indonesia, warisan para pahlawan,” jelas Brigjen Pol Mamboying.

Dirinya pun menyampaikan pentingnya memahami 4 Konsensus Dasar Indonesia, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Dimana hal ini telah diubah, dimana sebelumnya diistilahkan dengan 4 Pilar.

Olehnya, sebagai generasi penerus cita-cita kemerdekaan bangsa, harus memiliki komitmen sebagai masyarakat Indonesia, dengan menyadari Hak dan Kewajiban yang diminta oleh negara, dan dilindungi oleh UU.

“Karena perbedaan adalah anugerah dan kekuatan Indonesia. Dengan bersatu maka lahir toleransi. Dengan bersatu kita bisa menghargai, etnis, kultur dan budaya yang ada di Indonesia. Dengan bersatu, kita turut dalam pembangunan yang merata. Dan dengan bersatu, kita menjamin keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” jelas Brigjen Pol Mamboying.

Setelah pemaparan materi sosialisasi, secara simbolis, Brigjen Pol Mamboying menyerahkan buku yang ditulisnya tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada perwakilan Muspida yang hadir.

Anda mungkin juga berminat