Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Warga Waihaong Ambon Temukan Bangkai Ikan Mola

0 129

Ambon, TN – Bangkai ikan Mola atau ikan Matahari ditemukan warga Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon terdampar di pesisir pantai Islamic Center, Jumat (11/1).

Penemuan ikan Mola yang termasuk jarang di Kota Ambon ini, membuat warga pun berbondong-bondong mengabadikan moment langka tersebut.

Ikan Mola sendiri, tubuhnya berbeda dari kebanyakan jenis ikan, lantaran ekornya tidak nampak. Tubuhnya pipih berwarna abu-abu dan berbintik.

Ikan itu ditemukan tiga orang nelayan asal waihaong, Babang, Syahril dan Khalik pada pukul 05.00 WIT ketika hendak menyandarkan perahu di pesisir pantai.

Ikan dengan panjang 2,5 meter dan lebar 1,5 meter itu awalnya ditemukan dalam keadaan hidup. Syahril dan kedua rekannya kemudian melepas ikan tersebut ke laut. Anehnya, ikan tersebut kembali terdampar di pantai.
“Kami sudah kembalikan ke lautan, sekitar pukul 07.00 WIT kami kaget juga ikan itu kembali dan terdampar di pantai,” kata Syahril.

Karena kondisi air laut yang surut, ikan tersebut lantas mati. Meski begitu, warga tetap penasaran. Bahkan ada yang turun ke pantai untuk melihat dari dekat.

“Dari pagi sudah ramai, banyak warga ingin melihat ikan,” kata Rabia, salah seorang warga.
Penyuluh Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Zia Ulhak Payapo mengatakan, ikan mola merupakan jenis ikan yang hidup di lautan tropis dengan suhu air yang hangat.

Terdamparnya ikan mola diduga karena arus gelombang. Sebab ikan jenis itu bergerak sangat lamban berbeda dari jenis ikan lainnya, mola tidak memiliki sirip ekor (caudal fin) tapi memiliki clavus, yang merupakan bentuk sambungan antara sirip atas dan punggung dan sirip bawah perut.

“Mola kadang naik ke permukaan seperti hiu, ada dugaan karena arus kuat ada dugaan itu terdampar karena termasuk jenis ikan yang bergerak lambat,” jelas dia.

Anda mungkin juga berminat