Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Wali Kota Sorong Sebut Anggaran Untuk Sampah Tidak Sampai Rp30 M

0 155

Sorong, TN- Wali Kota Sorong, Drs. Lambert Jitmau, MM, sebut pos anggaran dalam APBD kota Sorong untuk penanganan sampah tidak sampai Rp30 miliar, seperti yang diebuskan banyak orang.

“Siapa bilang dana yang dianggarkan untuk penanganan sampah sebanyak 30 miliar, tidak. Hanya sekitar 20 miliar lebih saja, tidak sampai 30 miliar,” jelas Wali Kota, Lambert Jitmau, kepada wartawan usai buka Rapimda KNPI kota Sorong, Vega hotel, Sabtu (19/1).

Wali Kota mengkalkulasikan sebayak 15 armada pengangkut sampah ditambah sperpat dan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan 3 kali angkat sampah dalam sehari selama satu tahun membutuhkan anggaran yang sangat besar.

“Dihitung-hitung kalau punya kenderaan lima belas, sperpartnya mahal itu. Ditambah bahan bakar, apalagi diangkut tiga kali dalam sehari, tidak cukup anggaran yang ada itu,” ujar Lambert Jitmau.

Lambert Jitmau menegaskan jika APBD kota Sorong sebesar Rp30 miliar untuk penanganan sampah itu tidak benar.

“Kalau ada oknum anggota DPRD kota Sorong yang mengatakan anggaran penanganan samapah sebesar Rp30 miliar, itu dia keliru, dia tidak baca dengan benar itu. Kalau ada oknum DPRD yang mengatakan itu, dia keliru dan tidak tau apa-apa, jadi dia stop,” tegas Wali Kota Sorong.

Wali Kota mengaku pemerintah daerah sudah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang sampah, hanya saja menurutnya, yang menjadi kesulitan adalah Tempat Pembuangan Sementar (TPS).

“Sudah ada Perda terkait penanganan sampah, hanya saja yang menjadi kendala bagi saya adalah TPS, TPS yang ada saja cari lahannya susahnya minta ampun, lahan di kota Sorong ini terbatas, kalau memang ada, biaya ganti rugi saja sangat besar,” imbuh Lambert Jitmau.(*)

Anda mungkin juga berminat