Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

AHY : Ini Adalah Perjalanan Spiritual

0 403

Waisai TN  – Ekspresi haru dan kagum terus terpancar dari wajah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tatkala kakinya menjejakkan bumi di Raja Ampat. Ucapan puji syukur terus terdengar dari mulutnya saat disambut oleh masyarakat Raja Ampat. 

Untuk pertama kalinya AHY mengunjugi Raja Ampat  Pulau Piaynemo dan kampung Arborek di Distrik Waigeo, menjadi pilihan untuk didatangi.

Keindahan puncak Piaynemo dengan deretan pulau karang dibawahnya, serta kehangatan sambutan masyarakat kampung Arborek menyentuh relung jiwa AHY. AHY pun menyimpulkan bahwa ini adalah perjalanan SPIRITUAL.

Rabu, 24 Januari 2018 sekitar pukul 07.30 WIT rombongan tim safari AHY bersama anggota Komisi IV DPR RI, Michael Watimena serta Ketua DPC Demokrat Ampat, Abdul Faris Umlati berangkat dari dermaga AFU Resort menggunakan speed boat yang disiapkan panitia safari menuju Piaynemo dan Kampung Arborek.
Di Piaynemo AHY tak henti hentinya berdecak kagum.
Di sini AHY menegaskan bahwa Raja Ampat bagi AHY merupakan daerah yang dimiliki semua masyarakat Indonesia tetapi disukai masyarakat dunia, oleh karenanya keindahan alam serta keaneka ragaman raja ampat perlu dijaga dan dilestarikan.
Dari Piaynemo AHY berlanjut mengunjungi  kampung Arborek AHY dan disambut hangat oleh masyarakat setempat, AHY bahkan dikalungi tas noken dan dipakaikan topi sebagai tanda ucapan selamat datang di Kampung Arborek.
Masyarakat Kampung Arborek mengalungkan tas noken sebagai ucapan selamat datang di Kampung Arborek
Sebelum melakukan penanaman terumbuh karang AHY menyempatkan diri bertemu para siswa SD Arborek di Rumah baca, Kampung Arborek. Pada kesempatan itu, AHY memberikan motifasi kepada para siswa untuk terus membaca buku bacaan serta tidak malas dalam menimbah ilmu pengetahuan.
Sebelum kembali ke Kota Sorong, AHY menanam terumbu karang di pantai Arborek sebagai bentuk kepedulian terhadap alam laut Indonesia dan tetap melestarikan kekayaan laut termasuk melindungi terumbu karang agar dinikmati generasi mendatang.
Pemberian bantuan buku bacaan secara simbolis oleh AHY didampingi Ketua DPC Partai Demokrat Raja Ampat kepada siswa SD Arborek
Kepala Kampung Arborek, Daud Mambrasar mengaku senang dengan kunjungan AHY ke kampungnya. Meski hanya beberapa jam di Arborek, bagi Daud AHY membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat terutama kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD).
“Kehadiran pak AHY kami sangat senang, kami tidak sangka-sangka AHY bisa datang di Arborek, kami berharap Dia (AHY) bisa menjadi pemimpin yang dapat melihat Raja Ampat khususnya masyarakat Papua.” ujar Daud. Daud juga besyukur karena setelah yang jadi bupati Raja Ampat dari Demokratlah saat ini bisa menikmati listrik.
AHY kembali menegaskan bahwa banyak hal yang didapat dari perjalanannya diberbagai daerah. Khususnya di Raja Ampat. Ia melihat ada ketimpangan sosial yang begitu besar yang perlu menjadi perhatian serius bagi seorang pemimpin. AHY tidak setuju jika ada orang Jakarta yang bericara seakan terus menyalahkan orang didaerah padahal belum pernah melihat fakta kondisi didaerah seperti apa.

” Setelah menempuh perjalanan diberbagai daerah saya menyimpulkan bahwa perjalanan saya adalah perjalana spiritual. Banyak fakta yang saya bisa liat seperti apa kondisi kampung – kampung di belahan nusantara . Tidak boleh di Indonesia 40 hingga 50 persen  kemakmuran dimiliki hanya 1 atau segelintir orang saja,  sementara 50 persen kemakmuran di perebutkan ratusan rakyat yang masi dibawah garis kemiskinan. Terlalu lebar ketimpangan sosial,”  tegas AHY disela sela Meet to Press di Hotel Belagri Kota Sorong (24/1).(*)