Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Terkait Pemalangan PT.BIA, Sularso: Belum Ada Konfirmasi Ke Pemda Merauke

0 428

Merauke TN – Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso mengatakan, Pemda Merauke belum menerima pemberitahuan atau konfirmasi terkait persoalan pemalangan yang dilakukan Marga Mahuze Milafo di lahan perusahaan kelapa sawit milik PT. Bio Inti Agrindo (BIA) pada Senin (27/08) lalu.

Menurut dia, harusnya baik masyarakat pemilik ulayat atau pihak perusahaan berkoordinasi dengan pemerintah daerah atau pimpinan daerah agar Pemda mengetahui kenapa sampai terjadi pemalangan.

“Tapi saya pikir ada persoalan yang harus dibicarakan bersama dan ditindaklanjuti terkait dengan asal muasalnya, kami juga perlu mendengarkan seperti apa. Pada dasarnya pemerintah ingin semua masyarakat maupun investor menjadi nyaman,” tutur Sularso, Rabu (05/09).

Ia menganggap dengan tidak ada komunikasi kepada Pemda, mungkin saja persoalan sudah bisa teratasi. Lanjut Sularso, siapapun yang ikut berpartisipasi dan bekerjasama dengan pemerintah untuk membangun daerah, pemerintah siap memberikan perlindungan.

“Kalau ada persoalan-persoalan di daerah, kami ingin memfasilitasi supaya terselesaikan. Kalau ada konfirmasi dari pihak-pihak yang merasa dirugikan, kami sebisa mungkin memfasitasi sehingga antara masyarakat pemilik ulayat dan pihak perusahaan tidak ada yang dirugikan,” tandasnya.

Sebelumnya, penolakan yang dilakukan Marga Mahuze Milafo karena mereka merasa dibohongi. Sebab, dalam perjanjian bersama bahwa pihak perusahaan hanya menanam kelapa sawit, namun dengan berjalannya waktu diam-diam pihak perusahan membangun pabrik kelapa sawit tanpa memberitahukan kepada pemilik ulayat.