Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Lanud Biak Siapkan Herkules Untuk Lebaran

0 76

Biak, TN – Pangkalan Udara (Lanud) Manuhua Biak menyedia tiga Sortie Herkules dan dua Sortie Boing 737, untuk pelayanan Udara bagi anggota TNI/Polri dan masyarakat umum. Bahkan, 162 pasukan Lanud siap mengamankan jalur udara di wilayah Biak jelang arus mudik Lebaran.

“Kami mendukung kegiatan cuti Lebaran bagi anggota TNI, khususnya TNI AU. Tetapi kami juga membuka peluang bagi anggota Polri yang ingin cuti lebaran di luar Kota. Bahkan jika masih ada seat, kami juga membuka peluang bagi masyarakat umum. Sebab berdasarkan kebijakan Pimpinan, tiga Sortie Herkules dan dua Sortie Boing 737 siap beroperasi”kata Komandan Lanud Manuhua Biak, Kolonel Penerbang Fajar Adriyanto saat ditemui jumat (8/6/2018).

Dikatakannya, masing-masing pesawat memiliki kapasitas 70 hingga 100 seat. Sebagian personil Lanud dari 162 itu juga akan bertugas di Bandar Udara Internasional Frans Kaisepo Biak. Pasalnya, pengawasan atau antisipasi masuknya pesawat asing menjadi fokus utama Satuan TNI AU Lanud Manuhua Biak.

“Kajian strategis TNI, mengapa menempatkan satuan TNI AU disini, yang pasti karena adanya segi potensi ancaman udara. Tugas kami mengamankan udara di bagian Indonesia Timur ini, karena memang disini belum ada satuan tempur atau penindak pelanggaran wilayah udara. Oleh sebab itu, tugas kami mengamankan agar jangan adanya pesawat asing yang masuk apalagi saat hari raya Agama,”pungkasnya.

Selain itu, pasukan personil Lanud akan menggelar swiping di Bandar Udara Biak. Agar, tidak adanya pelanggaran bawaan penumpang yang berisiko dan menimbulkan ancaman. (dfw)