Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Syukur : Di Maluku, Pilpres Akan Lebih Dominan dari Pileg

0 8

Ambon, TN – Pemilu yang akan dihelat serentak di Indonesia pada 17 April 2019 mendatang, dikhawatirkan akan lebih didominasi oleh Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) RI dibandingkan Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR, DPD dan DPRD, khususnya di Provinsi Maluku.

Menurut pengamat politik yang juga akademisi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Syukur Soasiu, dominasi Pilpres ini, menyebabkan siapa yang akan mewakili Maluku ke DPR, DPD dan DPRD (Pileg), kurang diketahui masyarakat.

Padahal, Pileg termasuk salah satu Pemilu yang sangat penting untuk memperjuangkan rakyat, khususnya Maluku, baik di tingkat kota dan kabupaten, provinsi bahkan di nasional.

“Setiap hari Presiden dan Wakil Presiden pergi kemana-mana kita tahu. Nah saya secara pribadi sampai saat ini belum tahu siapa empat orang yang akan mewakili Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Provinsi Maluku. Ini jadi persoalan kita. Padahal dua Pemilu ini sama pentingnya,” cemas Syukur saat dihubungi, Minggu (6/1).

Dia khawatir, partisipasi pemilih di Pilpres akan jauh lebih tinggi dibanding Pileg. Partisipasi dua Pemilu ini harus tetap ditingkatkan secara bersamaan. Ini membutuhkan semangat dalam berdemokrasi.

“Karena bisa saja, di TPS setelah dia pilih Pilpres, dia langsung keluar. Karena katanya (kertas suara Pileg) tulisannya kecil, dan tidak ada foto. Makanya semangat harus di pertahankan. Karena dua pemilu itu sama-sama penting,” tuturnya.(*)

Anda mungkin juga berminat