Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sertu Anumerta Handoko Dimakamkan Secara Militer Di Sorong

0 1.645

Sorong,TN – Sersan Satu (Sertu) Anumerta Handoko, korban penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tri Jaya Sakti, kota Sorong, Kamis (06/12) sekitar pukul 17.00 WIT. Upacara pemakaman dipimpin langsung oleh Komandan Korem 171 PVT/Sorong , Brigjen (TNI) Ignatius Yogo Triyono M.A.

Jasad Sertu Handoko yang berada dalam peti jenazah dibalut bendera merah putih itu kemudian dibawa menuju makam, dengan ditandu oleh anggota TNI.

Tembakan salvo sebagai penghormatan terakhir mengiringi jenazah anak bungsu dari lima bersaudara pasangan Sukan dan warni.

Jenazah Sertu (Anumerta) Handoko saat dimasukkan kedalam liang lahat. (Foto: TN/Mega)

Dalam sambutannya komandan korem 171/PVT Sorong, Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono M.A mengatakan, upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa dharma bhakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya.

“Kepergian almarhum sungguh sangat mengejutkan dan menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi kita semua, khususnya bagi keluarga yang ditinggalkan. namun sebagai umat beragama yang percaya kepada kekuasaan-nya, kita harus dapat menerima secara ikhlas. karena kepergian Almarhum sudah keputusan dan kehendak-nya,”ujar Danrem.

Pada kesempatan ini, lanjut Danrem, saya selaku inspektur upacara dan juga secara pribadi menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum. seraya memanjatkan do’a, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan ketabahan, kesabaran dan bimbingan serta perlindungannya kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan.

Keluarga Sertu (Anumerta) Handoko saat menaburkan bunga diatas makam almarhum. (Foto: TN/Mega)

Sementara itu, Perwakilan keluarga Almarhum Sertu (Anumerta) Handoko, Sgr. Langgeng, menyampaikan kepergian almarhum Sertu Handoko tidak disangka-sangka, karena Handoko mmerupakan putra bungsu satu-satunya laki-laki diantara saudara lainnya.

“ Atas nama keluarga besar, saya haturkan banyak dan terimaksih atas perhatian Negara, pemerintah daerah , terutama jajaran TNI. Kami sangat berduka atas kepergian anak kami, Handoko. Kepergiannya tidak disangka-sangka, karena anak tersebut anak satu-satunya nya laki-laki diantara kakaknya yang kesemuanya adalah perempuan,”terang Langgeng.

Almarhum Sertu (Anumerta) Handoko merupakan Wadan Pos Mbua, Kabupaten Nduga. Ia gugur dalam pelaksanaan tugas pengamanan daerah rawan pada 02 Desember 2018. Sertu Handoko lahir di Blora, Jawa Tengah, 12 September 1994, masuk TNI AD pada 14 Maret 2015.