Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sekda : Pemda dan Pers Harus Sinergi Bangun Bintuni

0 52

Surabaya,TN- Pers sebagai pilar keempat dalam pembangun diminta untuk sinergi dengan pemerintah memberikan informasi yang benar serta akurat kepada masyarakat publik sesuai fakta.

“Tanpa pers, informasi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah Teluk Bintuni tidak akan bisa diketahui oleh masyarakat luas, sehingga pemerintah dan masyarakat sangat memerlukan pers sebagai pilar ke-empat dalam pembangunan, Pemda selalu memperhatikan dan mensuport keberadaan pers di Bintuni, hal itu bisa dilihat dari setiap kali ada kegiatan pers, Bupati langsung memerintahkan kami untuk mensuport mereka,” ujarnya

Hal ini disampaikan Sekda Teluk Bintuni Gustaf Manuputty.S.Sos.,M.M kepada wartawan di Surabaya usai mengikuti peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 di gedung Grand City, Sabtu (9/2) lalu.

Lanjut Sekda, salah satu dukungan Pemerintah Daerah yaitu kegiatan Uji Kompetensi Wartawan di Manokwari 2017 lalu, karena UKW sangat penting dalam membentuk kualitas dan independensi wartawan.

Pemerintah juga saat ini sudah melakukan kontrak dengan media yang ada di Bintuni untuk mendukung program dan visi serta misi pemerintah daerah. Karena yang bisa menyebar luaskan program program pemerintah adalah pers itu sendiri.

“Namun, saya berharap agar teman-teman pers di Teluk Bintuni memperhatikan penulisan penulisan dalam pemberitaan, semuanya harus mengacu pada UU pers Nomor 40 dan KEJ. Dengan begitu, penyajian penyajian berita ke public tidak menimbulkan kegaduhan, apalagi saat ini lagi trend dengan hoax yang bersebar di medsos dan lain sebagainya” jelasnya.

Manuputty berharap dalam penulisan harus berimbang (balance), karena dalam pasal 1, kode etik jurnalis Dewan Pers, wartawan harus independen, menghasilan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk.

Penafsiranya,” Berimbang berarti semua pihak mendapat kesempatan setara.

“Kebersamaan para jurnalis dalam menghimpun pemberitaan sudah sangat kompak dan baik. Saya juga berharap, kedepan insan pers betul betul menjadi suatu contoh dan teladan terkait pemberitaan agar betul betul diterima oleh masyarakat,” harap Sekda.

Sementara itu, Bupati Teluk Bintuni, Ir.Petrus Kasihiw, MT menegaskan, dirinya tidak anti kritik, namun apa yang disampaikan harus yang membangun.

“Di erah demokrasi ini, pers bebas berkreasi, namun saya ingatkan teman teman pers agar dalam penulisan berita harus seimbang. Contoh, kalau ada permasalahan di salah satu OPD, harus dikorcek betul betul agar dalam penulisanya seimbang (balance) sebelum dipublikasikan untuk di konsumsi masyarakat luas” tambah Kasihiw.

Anda mungkin juga berminat