Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sekda Papua : APBD Papua 2019 Mengacu RKPD 52 OPD

0 33

Jayapura, TN – Sekda Papua, Hery Dosinaen memastikan pembahasan APBD Papua Tahun 2019 tidak akan mengalami keterlambatan, atau menunggu hasil perampikan Organisai Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Papua.

Pembahasan APBD Papua tetap mengaju pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah 52 OPD dilingkup Pemerintah Provinsi Papua.

“Prosesnya tidak akan terlambat sebab Pemprov tetap mengacu pada RKPD di 52 SKPD, nanti perda akan menginstruksikan kepada Gubernur untuk menyesuaikan dengan OPD yang akan dirampingkan,” ujar Sekda Kepada wartawan Jumat (7/12)

Menurut Sekda, pihaknya juga telah menyerahkan materi pembahasan kepada DPR Papua. “materi pembahasan Non APBD sudah diserahkan, sementara untuk KUA/PPS direncakan akan diserahkan hari ini,” kata Sekda

Terkait itupula, tahapan dalam rangka perampingan OPD, menurut Sekda telah mendapat persetujuan menteri untuk selanjutnya akan di bahas dengan DPRP

“Persetujuan menteri permendagri sudah ada, nanti akan dibahas dengan DPR yang jelas perampongan telah di setujui oleh Kemendagri,” imbuhnya.

Dikutib dari laman Jubi.com, DPR Papua masih menuggu materi APBD Papua tahun anggaran 2019 dari pihak eksekutif. Diduga, lambatnya materi itu diserahkan ke legislatif karena beberapa faktor, salah satunya rencana perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Papua, karena yang menyusun materi APBD adalah OPD yang baru nantinya.

“Ini karena perampingan struktur OPD, karena tidak bisa diputuskan di sini (Papua), tapi harus dikonsultasikan dan mendapat persetujuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan itu sudah selesai. Sekarang penyusunan OPD ini harus dilakukan oleh struktur OPD yang baru,” kata Ketua DPR Papua, Yunus Wonda, 20 November silam.

Menurutnya, jika perampingan OPD dapat rampung akhir November ini, diharapkan pekan pertama, Desember materi APBD sudah diserahkan ke DPR Papua, agar sidang pembahasannya dapat dilakasanakan pekan kedua pada bulan itu.

“Pak gubernur sudah meminta wakil gubernur bersama-sama menyusun materi APBD tahun anggaran 2019,” kata Wonda.(*)