Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Salawati Selatan Akan Diperjuangkan Kembali ke Raja Ampat

0 53
Juru Bicara Fraksi Perjuangan Rakyat Sejahtera DPRD Raja Ampat, Abbas Umlati.

Waisai, TN – Juru bicara fraksi Perjuangan Rakyat Sejahtera (PRS) DPRD Raja Ampat, Abbas Umlati, dalam penutupan Rapat Paripurna Penetapan dan Pengesahan Perda APBD kabupaten Raja Ampat tahun anggaran 2019, Selasa (27/11) menekankan tentang rencana memasukkan kembali distrik Salawati Selatan dalam wilayah administrasi kabupaten Raja Ampat.

“Pada Undang-undang nomor 26 tahun 2002 tentang pembentukan kabupaten di Papua dan Papua Barat, Salawati Selatan memang masuk dalam wilayah administrasi kabupaten Sorong. Tapi sekarang telah 16 tahun berlalu, dan sudah sepantasnya Salawati Selatan kembali ke Raja Ampat,” ujar Abas.

Menurutnya, karena Salawati Selatan merupakan bagian dari tanah besar pulau Salawati yang merpakan bagian dari bukti sejarah di Raja Ampat. Ia berjanji akan mendoro g hal itu di tahun 2019 mendatang.

“Saya memiliki dua bukti ini. Dan lagian, kabupaten Sorong telah banyak mengambil keuntungan dari biaya yang dibayarkan Pertamina atas minyak dan gas yang ada di Salawati Selatan,” tegasnya.

“Itu hitungannya per tahun milyaran. Kita yang punya pulau, yang dapat untung orang lain. Makanya, tahun 2019 akan kita ambil pulang,” lanjut Abbas Umlati.(*)