Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ruas Jalan Jayapura Wamena Rusak, Kepala BBPJN Akui Perlu Penanganan Serius

0 15

JAYAPURA, TN – Beberapa titik jalan yang menghubungkan Jayapura – Wamena mengalami kerusakan yang perlu mendapat penanganan serius.

Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan dan Jembatan Nasional (BBPJN) Wilayah XVIII Papua, Osman Marbun mengatakan kerusakan  jalan tersebut terdapat di kilometer 276, 306, 310 dan 386.

“Kita sedang melakukan upaya perbaikan untuk ruas jalan di titik-titik tersebut dengan menambah peralatan. Pada dasarnya, jalan itu belum bisa di lewati walaupun sudah tembus,” kata Oesman kepada wartawan, di Jayapura, Kamis (17/1/2019).

Kata Osman, dari 575 kilometer jalan Jayapura – Wamena yang sudah terbuka, 230 kilo masih jalan tanah sehingga berpotensi rusak karena banyak daerah-daerah yang kritis dan sering dilalui kendaraan.

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan jalur jalan di ruas jalan tersebut sangat mendapat antusias pengguna jalan dengan akses yang cukup lancar.

“Kondisi lalu lintas di jalur ini sudah tidak bisa dibatasi bebannya lagi. Salah satu contoh, rangka jembatan dan alat berat sudah diangkut lewat jalur ini, belum lagi barang material lainnya. Padahal sebagian jalan masih tanah, dengan kata lain beberapa tempat kondisinya kritis dan berpotensi rusak parah,” ujarnya.

Dengan demikian, kata ia, untuk tahun ini, pihaknya masih fokus untuk perbaikan. Dengan harapan ke depan bisa segera dilakukan pengaspalan sebagai upaya peningkatan daya dukung badan jalan.

“Kalau di aspal kemungkinan erosi badan jalan lebih kecil karena sudah ada pelapisan,” katanya.

Marbun menambahkan, selain beban lalu lintas yang sudah tidak bisa terbendung, faktor cuaca (hujan) juga sangat mempengaruhi rusaknya beberapa ruas jalan.

“Sesuai laporan yang saya dapat, ratusan kendaraan dari Jayapura – Wamena begitu sebaliknya dari Wamena – Jayapura setiap akhir pekan melintas di jalan ini, sehingga potensi rusak pasti sangat besar,” ujarnya. (*)