Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Raja Ampat Rawan 9 Bencana Alam

0 106

Waisai, TN – walaupun didaulat sebagai destinasi wisata kelas dunia, tidak lantas membuat Raja Ampat aman dari bencana alam.

Melalui kajian rawan bencana yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada tahun 2017, kurang lebih 9 potensi bencana yang dimiliki oleh kabupaten Bahari ini.

Hal tersebut dijelaskan sekretaris BPBD, Abdul Rasyid Tola, kepada awak media diruang Pusat Data Logistik dan Operasi (Pusdalops) BPBD.

“Kajian bencana telah kami lakukan dan kami temukan bahwa perlu harus sering mensosialisasikan ke setiap masyarakat di Raja Ampat bahwa daerah yang mereka tinggali ini masuk dalam daerah rawan bencana,” ujar Abdul Rasyid Tola, Selasa (22/1).

“Kurang lebih 9 potensi bencana yang ada di Raja Ampat, yakni; Banjir, Banjir bandang, Cuaca ekstrim, Gelombang ekstrim, Gempa bumi, Kebakaran hutan dan lahan, Kekeringan, Tanah longsor serta Tsunami,” sambungnya.

Dirinya pun menyampaikan bahwa BPBD Raja Ampat kurang memiliki anggaran yang cukup agar bekerja maksimal sesuai tupoksinya.

“Kami masih terbatas dalam anggaran dalam bekerja sehingga per 2017, baru dua desa siaga bencana yang kami buat yakni kampung Yenbuba dan Yebekwan,” jelasnya.

Dikatakan, seharusnya semua kampung di Raja Ampat ini harus siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana, karena pesan Pak Jokowi jelas telah menyatakan anggaran untuk edukasi dan mitigasi bencana alam pada APBN 2019 telah dialokasikan lebih besar dan peningkatan anggaran untuk mitigasi bencana sangat diperlukan mengingat Indonesia berada pada wilayah cincin api atau ring of fire dan memiliki geografis rawan bencana.(*)