Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tiga ASN Aktif Caleg, Satu Orang Sudah Serahkan SK Pengunduran Diri

0 166

Sorong, TN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Sorong beberapa waktu lalu telah menetapkan 416 Daftar Caleg Sementara (DCS) yang akan mengikuti Pemilu pada 2019 mendatang. Namun tiga diantaranya diketahui masih berstatus Aparatur Sipil Negera (ASN).

“Dari tiga Caleg tersebut, baru satu orang yang menyerahkan SK pemberhentiannya ke KPU,”ujar Devisi Teknis dan penyelenggara, Fatmawati S.Pd kepada media ini, jumat (31/8) lalu.

Lebih lanjut dikatakan Fatma, Kami KPU tetap merujuk pada peraturan KPU nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan. Dimana KPU menunggu hingga H-1 penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) atau tanggal 19 September 2019.

“Pentapan DCT ada pada tanggal 20 September 2018 ini, berarti KPU masih memberikan waktu sampai dengan 19 September 2018 untuk menyerahkan SK pengunduran diri,”jelas Fatma.

Olehnya itu, Fatma mengimbau, bagi ASN yang sudah mendaftar Caleg agar segera mengundurkan diri dari instansi mereka bekerja. Jika hingga interval waktu yang diberikan dan SK pemberhentian tidak segera diserahkan maka Caleg tersebut dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Apabila hingga H-1 atau 19 September belum juga dikumpulkan, maka ASN tersebut akan dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti Pemilu 2019,”pungkasnya.