Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sepertinya Gelisah, Anggota Dewan Pertanyakan 3 Dapil Putusan KPU RI

0 122

Sorong, TN- Rapat terbuka anggota DPRD, KPUD dan Panwaslu Kota Sorong, terkait penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Sorong oleh KPU Republik Indonesia, di ruang sidang gedung DPRD Kota Sorong berlangsung alot.

Politisi asal Partai Nasional Demokrat (NasDem) Gusti Sagrim, menduga hal tersebut merupakan kepentingan orang-rang tertentu, dan menilai KPUD Kota Sorong tidak memainkan perannya dengan baik.

“Saya harus akui bahwa dalam penetapan ini, ada orang punya kepentingan, dan saya tidak tau siapa punya, saya merasa kalau KPU yang dipercaya untuk melaksanakan pesta rakyat ini tidak memainkan peran sebagaimana mestinya,” ujar Politisi Partai NasDem, Gusti Sagrim, dalam pertemua tersebut, Senin (16/4).

Menanggapi hal itu, Ketua KPUD, Aser Rumanasen, menyebutkan, sejumlah anggota DPRD merasa keberatan dengan keputusan KPU RI terkait Tiga Dapil Kota Sorong, salah satunya adalah Dapil I dengan jumlah 11 kursi.

“Alasan kekecewaan anggota DPRD kota Sorong lantaran terjadi peningkatan kursi di Dapil I, kita tau pada Pileg 2014 lalu, Dapil I hanya ada 7 kursi, namum berdasarkan keputusan KPU RI, di Dapil I sekarang mengalami peningkatan menjadi 11 kursi,” jelas Ketua KPUD kota Sorong, Aser Rumanasen.

Sementara itu, Ketua Panwaslu kota Sorong, James Kastanya, Sependapat dengan hasil keputusan KPU RI terkait Tiga Dapil Kota Sorong tersebut.

“Yang kami pantau sampai titik terakhir penetapan Dapil, yang mereka (KPUD kota Sorong) usulkan, yang kami kawal itu yang ditetapkan oleh KPU RI,” jelas Kastanya.

Tiga Dapil Kota Sorong yang diputuskan oleh KPU RI, diantaranya Dapil I mencakup Distrik Sorong Kota, Sorong Barat, Maladum Mes, Distrik Sorong dan Sorong Kepulauan.

Dapil II meliputi Distrik Kalaurung, Sorong Utara dan Malamsimsa. Sedangkan Dapil III mencakup Distrik Sorong Manoi dan Sorong Timur. (*)