Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sebagian DPS Belum Dipasang Oleh PPS, Panwaslu : Diduga Ada Pelanggara

0 68

Sorong, TN – Pasca penetapan Daftar Pemilihan Sementara ( DPS ) pada tanggl 17 juni 2018, Panitia Peserta Pemilu (PPS) belum juga memasang DPS di kelurahan.

Sesuai dengan dengan Undang- undang nomor 7 pasal 206 ayat 3, PPS wajib menempelkan DPS ditiap kelurahan, agar diketahui masyarakat bawa nama mereka sudah ada dalam DPS. Apabila belum ada nama dapat melaporkan kepada pihak PPS.

“Berdasarkan hasil pematauan kami pasca penetapan DPS, hingga hari ini belum ada penempelan DPS ditingkat kelurahan.”terang Divisi Hukum Panwaslu kota Sorong, Brampi Sagrim kepada media ini, Rabu (27/06).

Brampi menduga adanya pelanggaran administrasi, karena beberapa kelurahan sudah di tempelkan pengumuman DPS.

“Saya minta PPS segera memberi klarifikasi kenapa belum juga menempelkan hasil DPS di tingkat kelurahan, karena yang berhak mengumumkan DPS di kelurahan adalah PPS. Jika terbukti ada pelanggaran, kita akan tindaklanjuti,”tegas Berampi

Berdasarkan Surat Keputusan KPU Kota Sorong Nomor : 51/HK.03.1-Kpt/9271/KPU-Kot/VI/2018 tentang Penetapan DPS Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, DPS Kota Sorong berjumlah 148.655 pemilih yang terdiri dari Pemilih Laki-Laki sebanyak 75.690 dan Pemilih Perempuan berjumlah 72.965 yang tersebar di 10 distrik. (Meg)