Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ratusan Siswa Ikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Pemilih Pemula

0 49

Fakfak, TN – Ratusan siswa dari beberapa sekolah tingkat SLTA, mengikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Pemilih Pemula, yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Fakfak.
Kegiatan yang dibagi dalam dua hari ini, melibatkan murid dari SMA Negeri 1 Fakfak, SMA Negeri 2 Fakfak, SMK Yapis Fakfak, SMA YPK Fakfak dan MAN Fakfak. Sedangkan sosialisasi di SMA Donbosco tertunda, lantaran SMA tersebut tengah merayakan perpisahan.
Pantauan media ini di SMA Negeri 1 Fakfak pada Senin (23/4) pagi, para siswa yang usianya akan masuk dalam pemilih pemula, nampak memenuhi aula yang saat itu, Yanphit Kambu, anggota Bawaslu Kabupaten Fakfak Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, sedang menyampaikan materi sosialisasinya.
“Ada beberapa syarat untuk dapat ikut memilih dalam Pemilu 2019 nanti, antara lain, harus WNI dan berusia 17 tahun atau lebih saat 17 April 2019, atau sudah pernah menikah,” jelas Yanphit.
Sementara itu, ditemui terpisah, Firmando Rafly Hakim, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Fakfak menjelaskan, pihaknya melakukan sosialisasi langsung kepada para siswa tingkat SLTA yang berpotensi menjadi pemilih pemula pada Pemilu 2019 nanti, agar sosialisasi ini tepat sasaran.
“Kalau dengan tatap muka begini, maka sosialisasinya bisa tepat sasaran. Mereka cukup antusias mengikuti sosialisasi, sehingga kegiatan ini berjalan baik, sesuai harapan kami. Harapan kami, akan tumbuh kesadaran dari usia pemilih pemula, untuk mengikuti Pemilu perdananya, dan jangan sampai tidak menggunakan hak pilihnya karena tidak mengerti,” terang Nando.
Bawaslu Kabupaten Fakfak, menutup kegiatan sosialisasi ini pada siang (24/4) tadi, dengan melaksanakan sosialisasi secara bersamaan di SMA YPK Fakfak, SMK Yapis Fakfak dan SMA N 1 Fak-fak.