Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Paslon Mimika Gelar Aturan Kampanye

0 81

Timika – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Mimika, mengatakan bahwa masih ada pasangan calon (Paslon) yang melanggar memasang alat peraga kampanye (APK) di tempat-tempat yang tidak sesuai.

“Kemarin setelah koordinasi dengan pihak Lapas, saya menemukan adanya baliho atau APK dipasang di halaman gereja. Padahal dalam aturan itu tidak diperbolehkan,” kata Komisioner Panwaslu Mimika, Divisi Penindakan dan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga, Imelda Rosita Ohee kepada wartawan di Timika, Jumat (20/4). Seperti yang di lansir dari Seputaranpapua.

Dia mengatakan, akan segera melakukan penertiban serta menyurat ke Paslon yang bersangkutan. Meski demikian, Imelda tidak menyebutkan secara rinci paslon tersebut.

Pada 18 Februari 2018 lalu, kampanye pihaknya sudah menyurati ke Paslon dan melakukan pertemuan dengan ketua tim pemenangan, tepatnya setelah penetapan calon di Hotel Grand Alison, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Tetap saja masih ada pelanggaran, setelah pihakya sudah menghimbau kepada semua tim pemenangan, terkait pelarangan selama melaksanakan kampanye. Contohnya, seperti penggunaan tempat umum, gedung pemerintahan, pemasangan, tempat ibadah, dll.

“Kami tidak tau, apakah sengaja dibuat atau mereka tidak paham. Karena masih ada pelanggaran. Kami akan terus mengingatkan kepada paslon sebagai bentuk tanggungjawab dari Panwaslu,” tuturnya.

Penertiban baliho Paslon di sepanjang median jalan, sudah di lakukan Panwaslu Mimika dalam tugasnya sebagai salah satu contoh. Penertiban ini bekerja sama dengan pihak Satpol-PP.

“Tadi kami sudah tertibkan baliho-baliho Paslon yang dipasang di median jalan. Penertiban ini agar tidak menggangu atau mencelakai pengguna jalan, saat baliho-baliho itu roboh,” ungkapnya.