Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Masyarakat Perbatasan Distrik Sota Nyatakan Sikap Siap Dukung Jokowi

0 91

Merauke, TN- Masyarakat suku Kanume dan Yeinan yang berada di daerah perbatasan RI-PNG Distrik Sota Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (08/08) mendeklarasikan pernyataan sikap siap mendukung Joko Widodo pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Mereka berasal dari Kampung Sota, Rawa Biru, Erambu, Torai dan Yanggandur. Sekitar 12.30 wit kegiatan dimulai dengan arakan dari pintu masuk titik 0 Merauke-Sabang Distrik Sota perbatasan RI-PNG menuju ke tugu 0 KM Merauke-Sabang.

“Kami masyarakat Merauke, Papua yang berada di ujung timur Indonesia, bertempat di tugu 0 KM Merauke – Sabang menyatakan sikap bahwa kami bangga atas perhatian dari presiden Ri ke 7 Joko Widodo yang selama ini telah memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia sampai ke pulau terluar.

Kami nyatakan dukung Jokowi kembali menjabat sebagai presiden 2019 untuk 2 periode,” ucap Yeremias salah satu perwakilan yang membacakan pernyataan sikap.

Sebelum ucapan pernyataan itu, dimeriahkan dengan tarian dan nyanyian adat diiringi bunyi pukulan tifa di sekeliling titik 0. Nampak ratusan masyarakat perbatasan sangat antusias mengikuti kegiatan deklarasi dengan spanduk yang bertuliskan Terimakasiku Untukmu Jokowi.

Ketua Suku Kanum, Marthen Ndiken dalam sambutannya mengatakan selaku perwakilan lembaga masyarakat adat deklarasi kali ini menyatakan sikap siap mendukung pak Jokowi untuk maju di Pilpres 2019.

“Apa yang kita buat akan membawa dampak keberhasilan di kemudian hari. Arti kehadiran masyarakat dalam deklarasi adalah agar 2019 nanti pak Jokowi diharapkan sukses dan terpilih kembali. Kita ingin pemimpin negara yang baik seperti Jokowi,” tandasnya.

Kesempatan itu, ia mengajak segenap warga perbatasan berpartisipasi dalam pilpres mendatang. Jangan sampai ada yang tidak coblos atau tinggal di hutan.

Sebagai masyarakat dan warga negara yang baik harus menyalurkan hak pilihnya dalam memilih pemimpin yang baik yang memperhatikan rakyatnya.

“Dengan hati nurani NKRI kita junjung tinggi, mari kita memilih presiden yang baik yang bisa memperhatikan rakyatnya. Setiap presiden kita minta ada sentuhan kepada masyrakat yang paling kecil, terbelakang dan yang ada di pedalaman,” ajak dia lagi.

Ia menambahkan, selama kepemimpinan pak Jokowi telah membawa kemajuan di Papua dan mengatasi semua masalah di Papua secara bertahap, sehingga untuk Jokowi adalah harga mati.