Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KPUD Tambrauw Meminta Agar Parpol Segera Melengkapi Dokumen Administrasi

0 3

Sausapor, TN – Pada tahap perbaikan data partai politik (parpol), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten mendorong agar masing-masing parpol segera melengkapi dokumen-dokumen administrasinya. Ketua KPUD Tambrauw, Dominggus Saimar menyampaikan bahwa hingga saat ini ada beberapa parpol yang dinilai belum melengkapi dokumen administrasinya.

Dominggus yang dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (5/12) menyampaikan beberapa parpol yang dimaksud antara lain adalah Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Indonesia Kerja (PIKA) dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI). Diantara sejumlah parpol tersebut, Partai Garuda dan Partai Berkarya justru masih belum melengkapi dokumennya sama sekali. Sementara dari parpol lainnya dinilai kelengkapan syarat administrasinya masih kurang lengkap.

“Kami menghimbau agar parpol lebih pro-aktif untuk segera melengkapo dokumen administrasinya, karena akan menjadi acuan untuk dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual,” ujar Dominggus. Ia juga menambahkan bahwa pihak KPUD Tambrauw sudah melakukan kordinasi dengan parpol yang bersangkutan.

Sementara itu untuk batas akhir untuk melengkapi dokumen-dokumen administrasi harus segera dilakukan sebelum masuk pada tahap verfikasi faktual yang sudah jadwalkan pada tanggal 15 Desember mendatang. “Seharusnya batas akhirnya itu sampai besok (6 Desember 2017). Oleh karena itu kami selalu mendorong pengurus parpol lebih memperhatikan masalah ini,” kata Dominggus yang saat itu mengaku dirinya sementara melaksanakan penelitian dokumen administrasi parpol.

Kelengkapan dokumen administrasi itu sendiri dijelaskan pula oleh Dominggus yang antara lain meliputi AD/ART parpol, surat domisili, daftar anggota, surat keterangan keterlibatan wanita, dan lain sebagainya. Tahapan pendaftaran parpol ini diangga sangat penting karena akan mempengaruhi keterlibatan parpol itu sendiri pada proses pemilu yang akan datang. (mdl)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: