Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KPU Tambrauw Dianggap Kurang Transparan Dalam Pendataan Parpol

0 31

Sausapor, TN – Ketua Panitia Pengawas Pemilu kabupaten Tambrauw, Andarias D. Kambu menganggap bahwa pihak Komisi Pemilihan Umum kabupaten Tambrauw kurang transparan saat melakukan pendataan partai politik (parpol). Hal tersebut disampaikan olehnya melalui telepon selulernya pada Selasa (5/12) lalu.

Andarias mengungkapkan bahwa selama proses pendaftaran parpol pihak Panwaslu tidak pernah dilibatkan dalam pendaftaran. “Selama ini (pendaftaran parpol) KPU tidak pernah memberikan ruang bagi Panwaslu, sehingga kami anggap KPU kurang terbuka,” tutur Andarias.

Seperti halnya pada tahapan pendaftaran parpol melalui Sistem Informasi Partai Politik, Andarias mengaku jika saat itu tidak diberikan ruang maupun akses. Menurutnya hal itu menjadi kendala saat melakukan pengawasan. “Nah kalau hal seperti ini saja kami dibatasi lalu bagaimana caranya kami dapat mengawasi keakuratan dari masing-masing data yang di input? Masalah-masalah seperti inilah yang membuat kami beranggapan bahwa KPU masih belum transparan,” kata pria yang akrab dengan panggilan Andi itu.

Seperti yang diketahui selama ini proses pendaftaran parpol dilakukan dengan cara melalui aplikasi berbasis internet, yakni SiPol. Dalam proses verifikasi, KPU beserta Panwas akan mencocokan data yang ada pada SiPol dan dokumen fisik masing-masing partai. (mdl)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: