Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KIP Mempersempit Ruang Gerak Koruptor

0 147

Sorong, TN- UU Nomor 14 Tahun 2008 mengenai Keterbukaan Informasi Publik (KIP) harus efektif diberlakukan, demi kemajuan transparansi terhadap publik.

Pemberlakuan UU ini membuat badan-badan publik dan institusi pemerintahan harus terbuka memberikan segala informasi yang dibutuhkan masyarakat.

H. Sudirman, Caleg DPR PB dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berpendapat, keterbukaan informasi yang dijamin UU ini akan mempunyai pengaruh besar terhadap pemberantasan korupsi di daerah.

“Seseorang bisa dikatakan Korupsi, itu kan bisa saja berawal dari ketidakjelasan informasi, kalau informasi jelas, maka akan mempersempit ruang gerak pelaku untuk korupsi,” ujar Caleg DPR PB dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Minggu (21/10).

Hal ini merupakan salah satu misi utama, yang mendorong dirinya maju untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif DPR Papua Barat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Sorong.

“Jika dikehendaki terpilih sebagai, anggota Legislatif, saya menginginkan agar keterbukaan informasi publik, terutama dalam pembangunan itu diutamakan demi kepentingan masyarakat bukan pribadi atau golongan,” imbuhnya.

Sebelumnya H.Sudirman adalah relawan di Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Anak Bangsa Anti Korupsi (LSM Labaki ) dengan jabatan Biro Perhitungan Kerugian Negara Internal.

Sementara itu, Andre Warmasen, sebagaimana pernah bekerja bersama dalam suatu wadah LSM Labaki dengan H. Sudirman saat masih aktif dulu, mendorongnya maju dengan misi keterbukaan informasi publik.

“Yang menjadi harapan kami, jika saudara kami Haji Sudirman ini nantinya lolos sebagai anggota legislatif, misi beliau terkait keterbukaan informasi ini sangat penting, apalagi APBD sekarang ini kan sudah menjadi bahan konsumsi publik, bukan rahasia lagi,” jelas Warmasen.(*)