Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ketua KPUD Tambrauw: Kami Selalu Melibatkan Panwaslu Setiap Tahapan Pendaftaran Parpol

0 12

Sausapor, TN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten Tambrauw membantah bahwa pihaknya dianggap tidak transparan oleh ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) selama melaksanakan proses pendataan partai politik. Tudingan tersebut ditepis oleh ketua KPUD Kabupaten Tambrauw melalalui telepon selulernya pada Senin (5/12) dikala dirinya sedang melakukan penilitian administrasi pendataan partai politik (parpol).

Saat diklarifikasi, Dominggus menjelaskan jikalau pihak KPUD selama ini selalu mengundang pihak Panwaslu disetiap pelaksanaan pendataan. “Didalam proses verifikasi dilapangan kami selalu melibatkan Panwaslu, jadi tidak ada sesuatu yang kita tutupi,” ujar Dominggus.

Dirinya juga menjelaskan bahwa KPUD sebagai penyelenggara diberikan tugas untuk melakukan verifikasi yang otomatis dilakukan oleh KPU sendiri, sementara fungsi pengawasan ada pada Panwaslu. Berkaitan dengan masalah transparansi, Dominggus mengaku sudah pernah menyerahkan dokumen keanggotaan kepada pihak Panwas. Selain itu selama proses verifikasi KPUD Tanbrauw juga selalu melibatkan pihak Panwaslu.

“Sehingga kalau dibilang tidak transparan, lantas bagian mana yang tidak transparan? Bahkan sebelum proses jalan kita juga selalu menunggu ketua Panwaslu duku,” terang Dominggus. Ditegaskan pula olehnya bahwa pihak KPUD sebagai abdi negara tidak mempunyai kepentingan dalam proses verifikasi data parpol sehingga tidak perlu ada sesuatu yang ditutupi.

Oleh karena itu Dominggus meminta kepada pihak Panwalu agar memberktahukan bagian-bagian mana yang belum transparan. (mdl)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: