Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Hadapi Pemilu 2019, Caleg Perempuan Harus Mampu Bersaing

0 99

Sorong, TN- Dewan Pimpinan Kota Himpunan Wanita Karya (HWK) Kota Sorong, menggelar Sosialisasi partisipasi peran perempuan berpolitik dalam pemilu legislatif dan ketentuan hukum berorganisasi sosial kemasyarakatan.

Wakil Ketua I DPK HWK Kota Sorong, Elly Talla Nio, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peran serta perempuan dalam berpolitik.

“Kegiatan sosialisasi yang dilakukan ini, bertujuan meningkatkan pengetahuan peran serta perempuan berpolitik dalam mencapai keberhasilan tiga puluh persen perempuan dalam lembaga legislatif,” ujar Elly Talla, Jumat (28/9).

Menurutnya, kerja sama dengan KPU, Bawaslu dan Kesbangpol ini, sangat membantu Caleg kaum perempuan yang maju dalam Pemilu 2019 mendatang.

Wakil Ketua I Himpunan Wanita Karya Kota Sorong, Ny. Elly Talla Nio. Foto/wim.

Divisi Theknis Penyelenggara dan Hukum KPU Kota Sorong, Fatmawati, S.Pd, usai memberikan materi dalam kegiatan tersebut mengatakan, khusus untuk Caleg perempuan keterwakilan 30 persen ada saat pendaftaran Partai Politik (Parpol).

“Keterwakilan 30 persen perempuan ada, setelah pendaftaran dari Parpol. Sehingga dalam satu Dapil, Partai harus menyertakan 30 persen keterwakilan perempuan,” jelas Fatmawati.

Dikatakan, saatnya kaum perempuan harus bekerja keras untuk mengamankan suara, khususnya keterwakilannya dalam Pemilu 2019 mendatang.

Sementara itu, ketua Gerakan Organisasi Wanita Kota Sorong, Florce Baransano, mengatakan pihaknya siap mengawal suara perwakilan perempuan dalam Pemilu 2019 agar tidak hilang.

“Kami dari GOW Kota Sorong, sudah siap amankan suara perwakilan perempuan dalam pemilu nanti, terutama perwakilan perempuan dari Himpunan Wanita Karya,” imbuhnya.

Walikota Sorong, melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Sefnat Sangkek, berharap, Calon Legislatif (Caleg) perempuan dari wanita karya, harus mampu meningkatkan peran serta berpolitik guna menghadapi Pemilu 2019 mendatang.(*)