Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

DCS Ditetapkan, 16 Parpol Tunggu Tanggapan Masyarakat

0 251

Waisai,TN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Raja Ampat menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu tahun 2019Sabtu (11/08) malam kemarin, bertempat di aula rapat kantor KPU Raja Ampat.

Rapat pleno yang dibuka oleh ketua KPUD Raja Ampat, Steven Eibe dihadiri seluruh pimpinan Parpol di kabupaten Raja Ampat.

Dijelaskan Steven Eibe, bahwa penetapan DCS ini merupakan tindak lanjut hasil verifikasi bakal calon anggota DPRD Raja Ampat, yakni tahapan tertanggal 8 Agustus 2018 lalu.

“DCS ini akan diumumkan mulai besok hingga tanggal 14 agustus 2018 melalui media massa, untuk tanggapan masyarakat. Dalam rentang waktu tersebut juga, bakal calon diberikan waktu untuk mengklarifikasi tanggapan masyarakat atas persetujuan Parpol-nya yang kemudian pimpinan parpol menyampaikan hasil klarifikasi secara tertulis kepada KPU paling lambat 3hari setelah tanggapan masyarakat diberikan,”ujar Steven.

Steven juga mengatakan, jika Bacaleg yang menerima tanggapan tidak mampu memberikan klarifikasi, maka KPU akan memberikan surat tertulis kepada Parpol bersangkutan untuk mengganti Bacaleg tersebut dalam kurun waktu 7 hari.

“Jika Parpol tidak menanggapi tanggapan, atau surat tertulis KPU dan tidak ada pengganti Bacaleg tersebut, maka KPU akan merubah susunan DCS.” Jelas Steven Eibe dihadapan peserta Rapat Pleno.

Pantauan awak media, total 294 Bacaleg termasuk dalam DCS yang telah ditetapkan dari 16 Parpol pada pileg 2019 nanti untuk merebut 20 kursi pada DPRD kabupaten Raja Ampat.