Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bawaslu Kaimana Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif kepada Puluhan Ormas

0 261

Kaimana, TN – Dalam rangka mensukseskan pemilu 2019, serta meminimalisir terjadinya persoalan pada tahapan-tahapan pemilu, maka Bawaslu Kabupaten Kaimana mensosialisasikan pengawasan pemilu partisipatif kepada puluhan ormas.

Puluhan ormas ini mulai dari organisasi adat, perempuan, pemuda, OPC-OPC, pramuka, dan juga sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Kaimana. Kegiatan ini dipusatkan di ball room Grand Papua Hotel (5/3) kemarin.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi ini, untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan masyarakat dalam melaksanakan pengawasan partisipatif.

“Pemilu partisipatif ini sesuai dengan mandat yang sudah diberikan dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Di satu sisi, SDM penyelenggara pemilu masih sangat terbatas, sementara pemilu didepan mata kita ini termasuk pemilu yang sangat berat, karena ada beberapa pemilihan yang digabungkan dalam satu kali pemilihan. Sehingga masyarakat sangat diharapkan untuk berpartisipasi, ikut melakukan pengawasan,” ungkapnya.

Selain itu, salah satu tahapan yang dalam waktu dekat ini sudah dilaksanakan yaitu pemutakhiran data pemilih, bisa menjadi perhatian semua pihak, karena tahapan ini memiliki tingkat kerawanan yang juga sangat tinggi pada pelaksanaan pemungutan suara.

“Dimana-mana, tahapan ini dipersoalkan, begitu juga kita yang ada di Papua Barat dan lebih khusus lagi di Kabupaten Kaimana. Sehingga kami juga berharap kepada seluruh pihak, agar bisa memberikan perhatian pada saat pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih ini. Sehingga persoalan-persoalan yang kemungkinan akan timbul, dapat kita minimalisir,” ujarnya.

Kaitan dengan pengawasan partisipatif ini, lanjut Sabon, semua pihak bisa ikut berpartisipasi, sehingga pemilu yang aman, sukses, bermartabat serta berkualitas di kabupaten Kaimana dapat tercapai. Hal ini dapat tercapai, jika semua pihak bisa mengambil peran dengan aktif melaksanakan pengawasan dalam seluruh tahapan-tahapan pemilu. “ Memang tidak 100 persen kita bisa mengantisipasi persoalan, tetapi paling tidak, kita bisa meminimalisir terjadinya persoalan-persoalan dalam seluruh tahapan pemilu. Pace, mace, mari kitorang awasi pemilu bersama bawaslu untuk menghasilkan pemilu yang berkeadilan,” pungkasnya.

Sementara itu, mewakili pemerintah daerah kabupaten Kaimana, Asisten I Setda Kaimana, Abdulrahim Furuada, meminta kepada segenap masyarakat Kaimana, untuk bisa bersama-sama terlibat aktif dalam mengawasi pemilu.

“Tadi sudah dijelaskan bahwa salah satu tahapan pemilu yang juga memiliki tingkat kerawanan yang tinggi, maka tahapan ini, kalau bisa kita semua bisa terlibat aktif. Berikan pemahaman kepada masyarakat kita, agar mereka segera mengurus segala sesuatunya sehingga bisa terakomodir sebagai pemilih pada pemilu kali ini,” ujarnya berharap.(rnw)