Apresiasi Pilkada PB Aman, Kapolri Atensi Khusus Maybrat

0
36

MANOKWARI,TN- Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. memberikan apresiasi kepada masyarakat Papua Barat atas kesadaran hukum melaksanakan pemilihan kepala daerah berjalan aman teekendali.

Menurut Tito, Provinsi Papua Barat termasuk salah satu daerah yang terdeteksi olehabes Polri sangat rawan konflik dalam pesta demokrasi, karena pengalaman telah membuktikan bahwa selalu saja tindakan anarkis hingga menimbulkan korban jiwa.
Pengalaman pada waktu perebutan Ibukota Provinsi Papua Barat antara Sorong-Manokwari juga diwarnai dengan kekacauan, tindakan anarkis, bakar rumah dan sebagainnya.

“Untuk Papua Barat yang kita perkirakan juga ramai dengan konflik, tetapi Puji Tuhan, pilkada aman, berlangsung secara demokratis” tutur mantan Kapolda Papua itu saat memberikan keterangan pers kepada awak di gedung baru Mapolda Papua Barat, Minggu (13/08/2017)

Kapolri menilai bahwa kesiapan semua aparat, masyarakat, untuk berdemokrasi di Papua Barat cukup matang, namun Jenderal empat itu memberikan atensi khusus kepada Kapolda Papua Barat untuk fokus pengamanan Kamtibmas di Kabupaten Maybrat.

“Siapa pun pemenangnya kita tidak lihat itu, wajib hukumnya aparat keamanan membantu penegakan hukum, kita membela orangnya tetapi melaksanakan perintah Undang-undang, karena semua telah berjalan demokratis, langsung, Umum, Bebas dan Rahasia” ucapnya.

Lanjut Tito, Kapolda Papua Barat telah mempersiapkan pasukan, pada tanggal 22 Agustus pelantikan Drs Bernard Sagrim,M.M – Drs Paskalis Kocu,M.Si sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maybrat periode 2017-2022, aparat kepolisian all out untuk melakukan pengamanan di Maybrat.

Untuk masalah isu pemindahan ibukota Maybrat, Kapolri telah berkoordinasi dengan Gubernur bersama Forkompimda supaya mengelolah dinamika di Maybrat jangan sampai berujung anarkis dan kekerasan yang merugikan semua pihak.

“Kalau itu terjadi maka langkah utama adalah pro aktif, prefentif, pendekatan persuasif tapi seandainya ada apa-apa, kita siap dengan kekuatan untuk melakukan tindakan penegakan hukum dalam untuk menjaga stabilitas keamanan di Maybrat khususnya” tegas Kapolri.(***)

Tinggalkan Komentar