Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

​Soal Pergeseran Pimpinan, DPRD Akan Surati Gubernur PB

0 21

Kaimana, TN –DPRD Kabupaten Kaimana akan menyurati langsung Gubernur Provinsi Papua Barat, apabila dalam satu dua hari kedepan, belum ada kepastian pengiriman berkas pergeseran pimpinan DPRD kepada Gubernur Provinsi Papua Barat, melalui Bupati Kaimana. Hal ini ditegaskan oleh Ketua DPRD Kaimana, Frans Amerbay, SE ketika dikonfirmasi Teropong News diruang kerjanya Kemarin (3/7).
“Terkait pergeseran pimpinan DPRD atas permintaan partai politik ini, DPRD sendiri sudah menyurati Gubernur Provinsi Papua Barat, melalui Bupati Kaimana. Karena memang aturannya sudah menghendaki seperti itu. Dokumen ini sudah kami serahakan ke Bupati Kaimana melalaui Sekwan pada tanggal 20 Juni kemarin. Tadi kami suruh cek kembali, ternyata dokumen tersebut, baru akan sampai ke Bupati melalui bagian umum hari ini. Sehingga dipastikan akan sedikit terlambat surat tersebut sampai di Gubernur Papua Barat,” ungkapnya.

DPRD akan mengambil langkah selanjutnya apabila dalam waktu satu dua hari kedepan, belum dilanjutkan ke Gubernur Provinsi Papua Barat. “Jadi sampai hari ini, surat tersebut baru sampai ke Bupati. Kita tunggulah satu dua hari kedepan. Kalau toh, belum dilanjutkan, maka DPRD sendiri yang akan menyurati langsung Gubernur PB, terkait dengan pergeseran pimpinan DPRD ini,” tuturnya.

Dengan keterlambatan ini, lanjut Frans, DPRD juga mempunyai tanggung jawab terhadap partai politik yang bersangkutan. “Sebagai lembaga DPRD kami juga tidak mau disalahkan. Yang kita takutkan, jangan sampai partai politik menganggap DPRD sengaja mengulur-ulur proses pergeseran ini. Ini yang kita tidak mau. Sehingga kita mau supaya surat kepada Gubernur ini segera dikirim kesana,” ujarnya.

Sementara itu,  sebelumnya sekita satu bulan lalu, pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Kaimana, telah menyurati Ketua DPRD disertai lampiran keputusan DPP pusat, terkait pergeseran Wakil Ketua I Drs. Adjid Hi Kadir, digantikan oleh Dominggus Ruwe. Permohonan dari partai Demokrat ini pun sudah dibahas secara internal oleh Badan Kehormatan Dewan, dan sudah dibicarakan secara internal di DPRD.

Selain itu, Ketua BK DPRD Kaimana, Fatamsyah Furu mengungkapkan, pergeseran akan dilakukan setelah ada rekomendasi atau persetujuan dari Gubernur Provinsi Papua Barat. “Intinya bahwa kita menunggu persetujuan itu. kalau SK nya sudah ada, maka kita akan atur waktu untuk pergeseran. Semuanya kan sudah dibahas ditingkat dewan, sehingga tinggal pelaksanaannya saja, sembari menunggu persetujuan tadi,” ungkapnya.(Rsw/Jon)