Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Plt. Bupati Biak Numfor Ancam Tunda Gaji 13 Bagi ASN Malas

0 78

Biak, TN – Plt.Bupati Biak Numfor, Herry Aryo Naap,S.Si,M.Pd akan menahan gaji 13 bagi ASN yang malas masuk kantor. Oleh karena itu, Bupati meminta para Operasi perangkat Daerah (OPD) untuk segera mendata ulang absensi ASN.

“Anggaran gaji 13 tahun 2018 sudah kami siapkan. Namun, kami melakukan penundaan karena, selama ini cukup banyak ASN yang jarang masuk kantor. Oleh sebab itu, saya minta agar OPD mendata ulang absensi mereka. Jika, ASN sudah 1 bulan tidak masuk kantor. Maka dengan terpaksa gaji 13-nya kami tahan,”katanya kepada media di Kantor Bupati Biak Numfor, senin (09/07).

Ia menuntut seluruh ASN bahkan honorer harus memiliki sikap kedisiplinan dan rasa tanggung jawab yang besar, untuk membangun Kabupaten Biak Numfor yang cerdas, cemerlang dan gemilang bagi masa depan.

Lanjutnya, penahanan gaji 13 yang diberlakukan bagi ASN yang jarang masuk kantor, merupakan bentuk peringatan ringan. Penahanan gaji 13 itu akan dihentikan atau diberikan, jika ASN bersangkutan bersedia membuat komitmen atau pernyataan kedisiplinan.

“Gaji 13 itu adalah hak ASN. Kami tahan gaji 13, agar para ASN dapat menjalani kewajibannya dengan penuh rasa tanggung jawab. Gaji 13 tetap akan kami berikan, asal ASN yang bersangkutan mau berjanji atau membuat pernyataan. Kalau ASN bersangkutan tidak mau mengikuti aturan itu dan tetap malas, maka tidak akan diberikan, sebab ini menjadi bentuk keseriusan teman-teman ASN. Bentuk kedisiplinan ini juga kami berlakukan bagi honorer yakni yang memiliki kontrak kerjasama dengan Pemda,”terangnya.

Penundaan gaji 13 diberlakukan, setelah ia memperhatikan berbagai pertimbangan dan masukan yang mengharuskan semua Pimpinan OPD harus tegas kepada pegawainya. Bahkan ia memerintahkan, agar absensi digital segera di aktifkan dan difungsikan oleh seluruh OPD di Pemerintahan Biak Numfor.