Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Peternak Ayam Dihimbau Jaga Kebersihan Lingkungan Peternakan

0 33

Merauke, TN – Mengantisipasi musim hujan tahun 2018, peternak ayam di Kabupaten Merauke dihimbau untuk selalu menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan usaha peternakan, khususnya kandang ayam. Kandang ayam harus selalu dibersihkan dari kotorannya.

Tim Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke yang terdiri dari I Nengah Pastika, SP, drh. Richardo C.A. Rumlus, S.Pt, drh. Fithri Junita Ardyanti dan Esterlina Suarubun, baru-baru ini melakukan pembinaan sanitasi lingkungan usaha peternakan di Distrik Merauke.

“Tujuannya untuk mengetahui langsung kondisi sanitasi lingkungan usaha peternakan dan pelaku peternak, berkaitan dengan penyakit hewan yang menular ke manusia (Zoonosis) seperti penyakit flu burung (Avian Influenza),” jelas Kepala Bidang Kesehatan Hewan, I Nengah Pastika, SP, Jumat (07/12).

Disampaikan, pihaknya dil apangan menemukan ada beberapa peternak ayam khususnya ayam petelur yang letak kandangnya sangat berdekatan dengan rumah tinggal. Dikawatirkan berisiko tinggi penularan penyakit hewan ke manusia.

“Menghindari terjangkitnya penyakit ayam dan penularan penyakit hewan ke manusia, kami himbau sebaiknya sanitasi lingkungan usaha peternakan harus selalu dijaga kebersihannya dan kandang ayam harus dipisahkan dari rumah tinggal,” ucap I Nengah.