Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Perdana, KUR Pariwisata Disosialisasikan di Raja Ampat

0 137

Waisai, TN – Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dianggarkan pada tahun 2018 oleh Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenko) RI, melalui Permenko Nomor 11 tahun 2017 sebesar Rp123,6 T berhasil diserap hingga Rp114 T pada Oktober 2018 ini.

Penambahan pada sektor pariwisata dengan tindak lanjut berupa permenko Nomor 8 tahun 2018 menjadi KUR pertama yang dikhususkan pada sektor unggulan tersebut di Papua.

Hal ini dijelaskan Rafili Muhammad Hilman, Kepala Sub bidang Perbankan Syariah, Kemenko Perekonomian-tim teknis komite KUR kepada awak media pada pelaksanaan Sosialisasi dan Coaching Clinic KUR Pariwisata di Gedung Geopark Raja Ampat, Senin (03/12)

“Ini dikarenakan sektor pariwisata merupakan urutan ketiga pada program prioritas setelah pertanian dan perikanan. Dan kenapa Raja Ampat, karena Raja Ampat telah masuk dalam 88 kawasan strategis pariwisata nasional oleh Presiden di tahun ini,” ujarnya.

Dikatakan, seluruh bank yang telah berafiliasi dengan Kemenko Perekonomian dalam penyebaran KUR bagi masyarakat telah berjumlah 44 bank yang telah tersebar diseluruh Indonesia.

“Dan dalam KUR Pariwisata ini, terdapat dalam 2 bentuk, yakni KUR Mikro dengan kredit mencapai maksimum Rp25 juta, kemudian KUR Usaha Kecil dengan kredit mencapai Rp25 juta sampai Rp500 juta. 4 bank disini, yakni Bank Papua, Bank Mandiri, BNI dan BRI dapat melayani KUR ini,” jelasnya.(*)