Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Walikota Sorong : Banjir, Gempa Bumi dan Tanah Longsor Adalah Bencana Alam

0 99

Sorong, TN- Wali Kota Sorong, Drs. Lambert Jitmau, MM, sebut musibah banjir, gempa bumi dan tanah longsor adalah bencana alam yang datang tanpa diduga-duga dan tidak diketahui oleh manusia.

Pernyataan ini disampaikan usai apel pagi hari pertama masuk kantor usai cuti bersama hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah di kantor wali kota Sorong, Kamis lalu (21/6).

“Musibah banjir, gempa bumi dan tanah longsor itu adalah bencana alam, musibah yang terjadi secara alamiah, musibah yang terjadi tidak pernah menjanjikan ini dan itu kepada manusia,” jelas Lambert Jitmau.

Wali kota membantah banjir yang terjadi di kota Sorong bukan kesalahan Pemerintah Daerah.

“Kita bangun drainase bagus, tapi masalahnya kembali kepada masyarakat, masyarakat ini bicara dan biasanya soroti wali kota banyak tapi mereka juga tidak memperhatikan lingkungan, buang sampah juga sembarangan,” ujarnya.

Lambert Jitmau menyoroti Galian C dan penambangan pasir di seputaran Kelurahan Malanu Distrik Sorong Utara Kota Sorong, yang merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir.

Dikatakan, dalam waktu dekat dirinya akan meninjau Izin Usaha yang dimiliki oleh para penambang pasir yang memicu terjadinya banjir dimana-mana akibat endapan matrial limbah pasir pada drainase di kota Sorong.

Lembert Jitmau mengaku, pembangunan infrastruktur skala prioritas di kota Sorong telah dilakukan mulai dari Jalan dua jalur, Jalan lingkungan, draibase Trotoar, Bandara dan Pasar serta Reklamasi yang sedang berlangsung.

“Saya bangun kota Sorong ini dengan kemampuan APBD yang kita miliki, memang semua pembangun penting, tapi saya melihat skala prioritas. Jalan, trotoar, drainase, bandara dan pasar telah saya bangun, kalau saya bangun semuanya, lalu wali kota yang ganti saya nanti dia mau kerja apa lagi,” terangnya. (*)