Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tim Tanggap Cepat CoTS R4 Resmi Dibentuk

0 71

Waisai, TN – Sebagai tindak lanjut atas aksi penggiat lingkungan belum lama ini dalam menghadapi penyebaran masif Bintang Laut Berduri atau Crown of Thorns Starfish (CoTS) diperairan laut Raja Ampat, pertemuan yang digagas senin (10/9) di aula Wayag kantor Bupati Raja Ampat dengan bentuk seminar Bintang Laut Berduri atau Crown of Thorns Starfish (CoTS) dan rencana aksi bersama para pihak serta seluruh stakeholder di kabupaten Raja Ampat, Tim Tanggap Cepat resmi dibentuk.

Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim M.Si menekankan kembali kepada semua pihak yang hadir bahwa tugas menjaga terumbu karang adalah tugas seluruh stakeholder, dan dalam penanganan Bintang Laut Berduri ini, dirinya berharap adanya tindakan intensif dan berkala atau rutin agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Ini adalah tugas bersama seluruh stakeholder, khususnya industri pariwisata Raja Ampat. Pemerintah akan serius menanggapi hal ini melalui OPD teknis terkait, dan akan mengarahkan pada tindakan intensif, rutin dan komprehensif,” ujar Yusuf Salim.

Setelah melalui diskusi dan berbagai rekomendasi yang dipertimbangkan, sejumlah solusi baik penanganan langsung, penjaringan informasi, media center, pemetaan persebaran, dan bentuk penanganan lainnya, perwakilan Raja Ampat SEA Centre, Arnauld Brival ditunjuk secara resmi untuk mengkoordinir seluruh aksi Tim Tanggap Cepat.

Informasi yang dihimpun awak media, aksi awal dilakukan dalam kurun waktu 3-5 tahun mulai dari sekarang dengan berfokus dalam penjaringan informasi dan aksi massal yang melibatkan aktifis penggiat lingkungan di kabupaten Raja Ampat.