Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Penyaluran Rastra di Merauke Menunggu SK Bupati

0 68

Merauke, TN – Penyaluran bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) 2018 dari Kementrian Sosial RI untuk di Kabupaten Merauke sampai saat ini masih belum terlaksana. Penyaluran baru akan dilaksanakan setelah dikeluarkan Surat Keputusan (SK) Bupati sebagai dasar hukum.

Selaku penyelenggara, Dinas Sosial perlu melihat kembali dan menyesuaikan data sesuai data yang disiapkan Kementrian Sosial dan diturunkan ke Dinas Sosial Merauke sebanyak 19.730 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Kami masih menunggu SK Bupati sebagai dasar hukum. Kalau sudah dikeluarkan baru kami distribusikan ke titik-titik distribusi di kantor kelurahan,” jelas Sekertaris Dinas Sosial Merauke, Siswo Prasojo, Jumat (28/07).

Katanya, pihak Bulog meminta dasar hukum melalu surat keputusan dalam pelaksanaan ke distribusian Rastra. Terkait biaya penyaluran ke titik distribusi, Dinas Sosial telah mengajukan permintaan anggaran ke Pemda untuk segera diakomodir.

Lanjut dia, beras sejahtera ini adalah bantuan secara gratis tidak dipungut biaya. Masing-masing KPM akan menerima 10 kg rastra setiap bulan.

Dirinya juga mengungkapkan, jumlah penerima bantuan totalnya tidak sama dengan data penerima Raskin yang disubsidi pemrintah sebelumnya.