Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pemda Biak Masih Gumuli Tapal Batas Kampung

0 32

Biak,TN   – Pemerintah Daerah (Pemda) Biak Numfor masih didera pergumulan tapal batas khususnya antar kampung. Pasalnya, patok atau tanda tapal batas masih belum dipertegaskan. Padahal dari awal pemekaran kampung, Pemda sudah menentukan tapal batas tersebut.

“Pemerintah sudah mengeluarkan aturan atau penegasan terkait tapal batas Distrik dan Kampung. Kampung induk yang sudah definif dan untuk memekarkan kampung-kampung baru, semua dibutuhkan kejelasan luas wilayahnya masing-masing,”ujar Kepala Bagian Pemerintahan Setda Biak Numfor, Drs.Yudi Wanma kepada Wone, belum lama ini diruang kerjanya

Namun, sampai saat ini, lanjut dia, masih ada kampung yang belum ada kejelasan menaruh patok disetiap tapal batasnya.

Polemik batas kampung, kini menjadi perhatian Pemerintah untuk menuntaskan dan memperjelaskan tanda tapal batas kepada mayarakat.

Dikatakannya, yang menjadi kampung pembatas antara Distrik Biak Kota dan Distrik Biak Timur adalah Kampung Ruar. Akibatnya, masyarakat di wilayah perbatas kerap kali terjadi perselisihan dan cekcok.

Namun, Pemerintah tetap menindak lanjuti dengan tidak mengkebiri atau membatasi hak ulayat masyarakat. Dalam hal ini, Pemerintah hanya menetapkan daerah wilayah pelayanan masyarakat.

“Permasalahan tapal batas itu sering kali berkenanaan dengan hak kepemilikan dan soal kepahamaan. Namun, yang pasti cecok untuk penaruhan batas, sudah diselesaikan secara baik. Sebab,kebanyakan masyarakat yang tinggal bertetangga dengan kamoung lain, kerap ada kaitan saudara. Sehingga cecok itu dapat kami selesaikan dengan mudah,”pungkasnya.