Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pembangunan Pariwisata di Misool Raja Ampat Digenjot

0 127

Waisai, TN – Salah satu objek wisata di Misool Raja Ampat, dengan panorama puncak yang memberikan pemandangan indah berupa tatanan pulau batuan yang kini disebut dengan stone garden of Misool mulai dibangun prasarana pendukung oleh dinas Pariwisata kabupaten Raja Ampat.

Diterangkan kepala dinas Pariwisata, Yusdi N Lamatenggo, bahwa prasarana pendukung berupa jembatan dan jalur tangga yang sebelumnya hanya dari swasembada masyarakat, kini dibuat lebih baik oleh pemerintah daerah dimana nantinya akan bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk dipelihara dan dimanfaatkan oleh masyarakat itu sendiri.

“Beberapa destinasi wisata di Misool seperti Puncak Harfat, Gua Keramat, Gua Putri Termenung, Dafalen Love, Karwapop Love, dan Danau Ubur-ubur sedang kami bangun prasarana pendukungnya tahun ini, yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat setempat sebagai pendapatan masing-masing kampung,” jelas Yusdi, Sabtu (13/10).

Ditambahkannya, setelah pembangunan prasarana pendukung, tahun berikut Misool akan fokus pada penguatan sisi kelembagaan dan administrasi pengelolaan destinasi wisata agar manfaat yang diharapkan akan maksimal.

“Setelah pembangunan prasarana pendukung ini, kami akan bekali masyarakat setempat dalam hal kelembagaan pengelolaan destinasi wisata, seperti tarif dan lainnya agar manfaatnya dapat betul-betul optimal. Pun setelahnya, stone garden of Misool ini akan mendukung pengembangan geopark Raja Ampat,” lanjut Yusdi.