Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pasca Lebaran, Hampir 300 Orang Penduduk Baru Datang ke Sorong

0 0

Sorong, TN – Usai libur lebaran, jumlah penduduk baru di Kota Sorong meningkat. Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) mencatat hampir tuga ratus penduduk baru berdatangan untuk menngajukan pengurusan dokumen data penduduk baru.

Kepala dinas dukcapil Kota Sorong, Abubakar Alhamid, S.Sos, M.Si membenarkan jika memang ada peningkatan jumlah penduduk usai hari raya Idul Fitri lalu. Menurut Alhamid perubahan jumlah penduduk selain dari angka kelahiran dan kematian, perpindahan penduduk antar wilayah juga menjadi salah satu faktor. “Biasanya saat warga kembali dari mudik lebaran, beberapa dari mereka pasti ada yang membawa kerabatnya untuk tinggal di Kota Sorong. Untuk tahun ini ada sekitar 300 orang yang datang untuk mendaftar sebagai penduduk baru disini (Kota Sorong),” jelas Alhamid saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (7/7).

Namun dari sekian banyak pengajuan pengurusan data penduduk baru, hingga saat itu disampaikan hanya sekitar tiga puluh orang saja yang berkasnya dapat diproses. Kendalanya jelas Alhamid, dikarenakan sebagian besar yang bersangkutan tidak mengurus surat pindahnya dari tempat asal sebelumnya. “Kalau memang mau pindah dan terdaftar sebagai penduduk di Kota Sorong, yang bersangkutan harus memiliki surat pindah dulu dari daerah yang ditinggali sebelum. Karena sistem kami saat ini sudah berbasis online, sehingga data penduduk tidak lagi bisa duplikat seperti dulu,” tambah Alhamid. Oleh karena itu, ia menghimbau agar warga dapat mengurus terlebih dahuli surat pindahnya sebelum mendaftar sebagai penduduk di Kota Sorong.

Dari sejumlah penduduk baru itu, sebagian besar diketahui berasal dari Makassar dan Ambon. Untuk jika yang bersangkutan tidak membawa dokumen surat pindahnya, maka proses pendaftarannya sebagai penduduk baru akan ditolak. (mdl)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: