Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Panglima TNI Resmikan Empat Satuan Baru TNI

0 202

Sorong, TN – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP meresmikan 4 (empat) satuan baru TNI, Jumat (11/05), bertempat di halaman Lantamal XIV Sorong.

Empat satuan baru TNI yang diresmikan yakni Divisi Infanteri -3/Kostrad bermarkas di Makassar, Komando Armada – III dan Pasmar 3 Korps Marinir TNI AL bermarkas di kabupaten Sorong, Komando Operasi Angkatan Udara ( Koopsau ) III bermarkas di Biak.

Pada kesempatan itu, Selain meresmikan 4 satuan TNI, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP juga meresmikan perubahan nama satuan TNI yaitu Komando Armada RI Wilayah Barat (Koarmabar) menjadi Koarmada II.

“Pembentukan 4 satuan TNI tersebut sejalan dengan kebijakan TNI dalam rangka mwujudkan konsep Trimatra terpadu TNI dengan gelar wilayah satuan di wilayah timur atau sekitar ALKI III,”ujar Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP dalam sambutannya.

Menurutnya, Komitmen tersebut diwujudkan dengan mencanangkan program 100 hari panglima TNI ,yang salah satunya termasuk program prioritas pembentukan Divisi-3/Kostrad, Koarmada III, Koopsau III dan Pasmar 3 yang saat ini suda terwujud.

Pantauan media ini, peresmian 4 ( empat ) kesatuan tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan pakta integritas, serta penandatanganan naskah berita acara perubahan nama dan peresmian kesatuan.

Selain itu, Acara persemian juga dimeriahkan dengan demonstrasi keterampilan prajurit yaitu dengan atraksi terjun payung, tarian adat Papua .