Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ini Alasan AFU Dikukuhkan Jadi Anak Adat

0 500

Waisai TN – Alasan H Abdul Faris Umlati,SE ( AFU ) dinobatkan sebagai anak adat di Waigeo. Sedikitnya ada empat alasan mendasar sehingga Bupati yang kerap disapa AFU itu dinobatkan dan dikukuhkan sebagai anak Ambel di kampung Kabare distrik Waigeo Utara.

Pertama adalah untuk meluruskan garis keturunan bahwa AFU merupakan keturunan asli suku Ambel dari marga Tamima dan marga  Sonoy Andey.

Kedua adalah penegasan bahwa AFU juga adalah anak Adat bukan berasal dari pinggiran  dan bukan unthk menciderai adat lain. Seperti banyak diisukan bahwa AFU bukan putra asli Raja Ampat.

Ketiga ingin mengikat hubungan tali persaudaraan suku suku besar yang mendiami wilayah Waigeo Utara. Dengan tujuan untuk teribat langsung apa yang dialami masyarakat adat, baik dakam keadaan susah maupun senang tanpa melihat perbedaan agama dan status sosial.

Dan yang keempat, penobatan sebagai anak adat di  Kabare itu bersifat internal keluarga dan tidak melibatkan Lembaga Adat dewan Adat. 

Dari keempat alasan tersebut, AFU ingin mengajak semua pihak untuk tidak salah dalam menafsirkan pengukuhan dan penobatan Anak Adat di Kabare pada Kami (8/2) . 

” Seperti alunan AFU , Jangan Salah Menilaiku, tapi ini murni untuk meluruskan bahwa saya juga anak adat dari suku besar. Dari rahim perempuan suku Ambel sehingga saya lahir di muka bumi ini,” tegas AFU  kepada wartawan di Kabare (8/2). (*)

Tinggalkan Komentar