Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ignasius Jonan Resmikan Bandar Udara Werur dan PLTMH    

0 605

Sausapor, TN –  Atas nama Presiden  Republik Indonesia, Menteri ESDM, Ignatius Jonan meresmikan pengoperasian Bandar Udara Werur dan PLTMH Warabyai Tambrauw, Selasa, (13/2)

Peresmian dihadiri perwakilan dari tiga kementerian, juga dihadiri Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, Wakil Ketua Komisi IV Dr.Michael Wattimena, Anggota DPR RI dari PDIP, Jimmy Demianus Ijie, Forkopimda, tokoh masyarakat.

Bupati Kabupaten Tambrau, Gabriel Asem,SE mengatakan  sejak Tambrauw dimekarkan dari jabupaten Sorong sebagai kabupaten induk, Tambrauw masih terisolir.

 ” Seiring berjalannya waktu dan setelah say jadi bupati, ketrisolasian itu kita tembus dgn membangun infrastruktur jalan. Bandar Udara Werur yg dulunya sudah jadi hutan  kita benahi kembali, sehingga bisa seperti sekarang.Kita juga membangun PLTMH  dengan tujuan agar kebutuhan listrik di daerah ini bisa terpenuhi” kata Gabriel. 

Gabriel  menambahkan bahwa Tambrauw masih membutuhkan perhatian pusat, karena masih banyak yang perlu dibenahi.

” Pada kesempatan ini saya meminta agar Pak Menteri ESDM  juga melihat infrastruktur jalan di daerah ini. Kami juga meminta agar pusat melalui kementerian terkait membuat penerangan jalan umum,” ucap Gabriel. 

Gubernur Papua Barat dalam sambutannya meminta agar pemerintah daerah menjaga dan jengelola secara profesional bandara Werur. Gubernur juga mengapresiasi peresmian PLTMH Warabyai sebagai pemasok energi listrik dj kabupaten Tambrauw. 

Gubernur juga nenyebut tahun 2018 pemerintah provinsi telah nengalojasikan 135 milyar untuk pembangunan infrastruktur kabupaten Tambrauw.

Menteri ESDM dalam sambutannya mengatakan akan membantu Pemda Tambrauw utk membangun infrastruktur jalan . ” nanti kalo sudah ada signal, saya akan SMS Menteri PU supaya daerah ini diperhatikan, ” kata Ignasius .

Ignasius  mengatakan akan membantu penerangan jalan umum.  Selain itu, Igansius juga menyerahkan  bantuan lanpu tenaga surya. ” nanti kita berikan bantuan utk masyarakat yg belum punya listrik” kata Iganius. Usai meresmikan PLTMH yg dibangun dgn APBD Tambrauw pada tahun 2013 dan rampung 2015, Ignasius menyempatkan diri melihat pelabuhan Sausapor dan SPBU Kompak Cahaya Tambrauw. 

Yang menarik, setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan Menteri ESDEM  kembali bertolak ke Sorong dengan menggunakan jalan darat. Tidak seperti ketika datang yang mengunakan pesawat udara . Mungkinkah menteri Ignasius ingin melihat langsung kondisi jalan rute Sasusapor – Sorong ?. (*)