Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Di Makbon Peneliti Menemukan Gua Hunian Prasejarah

0 0

Sorong, TN – Salah satu peneliti akhirnya menemukan sebuah gua hunian prasejarah yang berada di kampung Malamkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong. Hari Sutoro, seorang peneliti dari Balai Arkeologi Papua menjelaskan jika gua tersebut diberi nama Gua Kalabus oleh masyarakat setempat.

Seperti yang dilansir dari Antara, Gua tersebut berada di 200 meter pada bagian sebelah barat Sungai Kalabu. Dari hasil penelusuran, lantai di gua tersebutu tertutup kotoran burung walet. Sedangkan pada bagian mulut dan halaman gua dalam kondisi kering. “Disana ditemukan gerabah dan sisa makanan berupa cangkang kerang laut,” jelas Hari saat dihubungi pada Minggu (16/4).

Hari menjelaskan bahwa manusia yang pernah menghuni di gua Kalabus sangat bergantung pada sumber daya alam yang ada disekitarnya. Hal tersebut utarakan berdasarkan artefak yang ditemukan pada gua tersebut. “Dari temuan sisa makanan berupa cangkang kerang laut, mengindikasikan daya jelajah manusia gua Kalabus dalam mendapatkan makanan hingga menjangkau pesisir pantai,” jelasnya.

Menurutnya dari hasil penemuan makanan berupa cangkang kerjang launt, mengindikasikan daya jelajah manusia yang tinggal di gua Kalabus dalam mendapatkan makanan hingga menjangkau pesisir pantai. Hal tersebut diperkuat dengan temuan artefak gerabah yang mengindikasikan adanya aktivitas pengolahan bahan makanan dengan cara direbus.

Berdasarkan pengamatannya terhadap jenis tanah disekitar gua tidak memungkinkan sebagai bahan pembuat gerabah, tetapi diasumsikan keberadaan gerabah berasal dari luar.

“Dari temuan sisa makanan berupa cangkang kerang laut, mengindikasikan daya jelajah manusia gua Kalabus dalam mendapatkan makanan hingga menjangkau pesisir pantai,” katanya. Hal ini diperkuat dengan temuan artefak gerabah yang mengindikasikan bahwa telah ada aktivitas pengolahan bahan makanan yang lebih variatif, yaitu direbus.

“Secara fisik gua Kalabus memiliki ruang ruang luas, kondisi gua nyaman dan aman, pencahayaan bagus, permukaan lantai rata dan kering, sirkulasi udaranya pun baik. Apalagi dekat dengan sumber air,” katanya. (red)

Tinggalkan Komentar