Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bupati Tambrauw: Peranan Penting Pers Pada Penyelangara Pemerintahan

0 73

Sorong, TN – Bupati Tambrauw, Gabriel Asem menyampaikan bagaimana pentingnya peranan pers pada penyelengaraan pemerintahan. Hal tersebut disampaikan olehnya saat menghadiri acara syukuran Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sorong Raya di Kodim/1704 Sorong, Sabtu (10/2).

Menurut Gabriel, salah satu fungsi pers adalah sebagai alat pemersatu seluruh rakyat Indonesia. Dimana dengan adanya awak media saat ini dapat memberikan informasi mengenai peristiwa yang terjadi diseluruh tanah air.

“Pers itu memiliki peranan penting pada suatu pemerintahan, dimana media dapat mengkritik dan melakukan pengawasa. Seperti halnya di kabupaten Asmat yang akhirnya semua orang dapat mengetahui bencana yang terjadi disana,” ujar Gabriel.

Dari salah satu contoh tersebut, menghasilnya banyak dukungan dari berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini dinilai oleh Gabriel juga berlaku bagi penyelenggara pemerintahan, dimana pers juga memberikan dukungan yang sama untuk menunjang pembangunan di suatu daerah.

Walaupun demikian, dirinya juga mengakui ada oknum-oknum tertentu yang menggunakan label pers untuk membuat tekanan kepada para kepala daerah. Sehingga terkadang mengakibatkan jalannya sebuah pemerintahan akhirnya terkendala karena adanya isu yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Jujur saja, kadang ada beberapa kepala daerah yang tertekan dengan kehadiran awak media. Tapi kalau saya sih tidak terlalu bermasalah karena saya yakin hubungan saya dengan awak media juga terjalin dengan baik,” tutur Gabriel.

Untuk itu dirinya meminta secara khusus kepada pimpinan-pimpinan media agar memperhatikan hal ini. Sehingga kedepannya awak media juga membantu pemerintah dalam pembangunan di masing-masing daerah. (mdl)

Tinggalkan Komentar