Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BPOM Kesulitan Mengidentifikasi Bakso Daging Tikus

0 203

Sorong, TN – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) provinsi Papua Barat kesulitan mengidentifikasi olahan makanan bakso yang diduga menggunakan daging tikus.

Staf penyidik BPOM Provinsi Papua Barat, Budi menjelaskan bahwa pihaknya untuk sementara hanya bisa melakukan tes uji kimia pada daging bakso tersebut. Hal ini disebabkan belum adanya metode uji DNA terhadap daging tikus.

“Kita melakukan identifikasi baru sebatas uji kimia. Karena uji DNA terkait daging tikus masih menunggu konfirmasi dari BPOM pusat,” terang Budi saat mendatangi Polres Sorong Kota, Selasa (3/7) untuk mengambil sampel barang bukti bakso.

Budi menjelaskan selama ini uji DNA yang sudah pernah dilakukan adalah untuk daging babi. Dirinya belum bisa memastikan apakah metode pengujian tersebut juga bisa diterapkan untuk daging tikus.

Mengenai tes uji kimia yang akan dilakukan oleh BPOM dipastikan hasilnya bisa keluar dari laboratorium setelah tiga hari kedepan. Sedangkan untuk uji DNA, pihaknya akan segera menindak lanjuti ke pusat agar segera mendapatkan metode pengujiannya.