Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BPOM Batalkan Izin Edar Obat Dekstrometorfan dan Karisoprodo

0 139

Sorong, TN – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Papua Barat membatalkan izin edar obat yang mengandung Dekstrometorfan Tunggal dan Karisoprodo, terkait maraknya penyalahgunaan obat yang mengandung unsur tersebut.

“Badan POM mengambil keputusan untuk dibatalkan Izin, agar tidakdisalah gunakan oleh masyarakat,”kata Kepala BPOM Provinsi Papua Barat, Mojazza Sirait S.Si. Apt, Rabu (7/2)

Apalagi, katanya, kondisi yang lebih memprihatinkan bahwa penyalahgunaan tertinggi obat ini adalah para remaja atau pelajar mulai dari usia Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan usia Sekolah Dasar (SD).

Ia juga mangungkapkan, jenis obat yang mengandung  Dekstrometorfan Tunggal dan Karisoprodo mempunyai Efek samping seperti penenang dan jika disalahgunakan, tidak sesuai dosis dan ketentuan bisa menyebabkan kematian.

Pihak BPOM sendiri  sudah mengambil tindakan tegas seperti sanksi administratif hingga sanksi pidana, terutama yang bekerja di apotik dan  menjual obat kepada masyarakat dalam jumlah yang banyak.

“Terutama apotik, jangan menjual obat ke sembarangan orang yang tidak memiliki keahlian dan kewenangan disitu. Jual lah obat-obat sesuai batasan dan jumlah yang wajar,” himbaunya. (mdl)