Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bantuan Perahu dan Motor Tempel, Kedis Perikanan Tambrauw: Penyalurannya Sudah Sesuai Prosedur

0 871

Sausapor, TN – Dinas perikanan kabupaten Tambrauw menjelaskan bahwa penyaluran bantuan perahu dan motor tempel sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Kepala dinas, Ir Gustifar mengatakan bahwa sebelum menyalurkan bantuan tersebut, setiap permohonan harus melewati uji kelayakan agar tepat sasaran.

Pada tahun 2017, Gustifar mengutarakan jumlah permohonan yang masuk lebih banyak dibandingkan kuota bantuan yang tersedia. “Untuk tahun lalu (2017) saja permohonan yang masuk ada sekitar 29 proposal, sedangkan bantuan yang ada cuma 12 unit saja sesuai dengan anggaran yang tersedia,” ujar Gustifar yang ditemui dalam ruangan kerjanya, Kamis (11/1).

Dengan jumlah yang terbatas itulah pihak dinas perikanan harus betul-betul selektif agar bantuan berupa perahu dan motor tempel bisa sampai ke tangan masyarakat yang betul-betul membutuhkan sesuai dengan peruntukan bantuan tersebut. “Jadi perahu dan motor tempel ini sifatnya untuk membantu para nelayan, bukan untuk digunakan sebagai alat transportasi atau lainnya,” tambah pria asal Padang itu.

Sementara mengenai syarat permohonan bantuan itu sendiri, dijelaskan lebih diutamakan bagi kelompok nelayan dibandingkan perorangan. Dari proposal permohonan yang masuk, dinas perikanan akan melakukan uji kelayakan terlebih dahulu. “Karena bantuan ini berupa perahu, otomatis yang penerimanya itu harus betul-betul berdomisili di wilayah pesisir kabupaten Tambrauw,” tutur Gustifar.

Dirinya juga mengaku bahwa sebelumnya memang sering beberapa warga mengeluh kepadanya karena tidak menerima bantuan. Akan tetapi dirinya menghimbau agar masyarakat mengerti terlebih dahulu mengenai prosedur penyalurannya. Karena walaupun bentuknya berupa bantuan, pihak dinas perikanan tidak serta merta memberikan bantuan tanpa mempelejari permohonan dari pihak penerima bantuan. (mdl)