Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Penyidik Sebut, Sudah Ada Calon Tersangka Dalam Kasus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

0 148

Sorong, TN- Komandan Tim (Dantim) Penyidikan kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) Pelabuhan Perikanan Sorong, AKP Tommy Pontororing, SH, sebut sudah ada calon tersangka dalam kasus tersebut.

“Dalam kasus yang sementara kami dari Penyidik Polda Papua Barat tangani ini, memang akan menjurus ke kasus korupsi, dan kami penyidik sudah mengantongi siapa-siapa yang bertanggungjawab terhadap proses pelayanan penyaluran BBM tersebut,” ujar AKP Tommy, kepada awak media, Senin (1/10).

Menurutnya, saat ini penyidik telah memerikasa banyak saksi termasuk para ahli yang dianggap perlu untuk dimintai keterangan.

“Karena ini ada indikasi korupsinya, maka kami punya SOP, dan selesai penyidikan awal, akan kami melakukan gelar perkara untuk menetapkan siapa yang harus diminta pertanggungjawaban hukum terhadap BBM subsidi untuk nelayan yang merugikan keuangan negara, karena ini subsidi,” jelasnya.

Dikatakan bahwa ada modus lain yang berdasarkan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) ditemukan di SPBN bahwa penempatan jenis BBM tidak sesuai dengan namanya.

“Dalam hasil olah TKP di SPBN, karena disitu ada dispenser yang tulisnya Pertalite padahal isinya Solar, sedangkan di dispenser yang bertuliskan Solar dan Premium subsidi padahal isinya Pertalite, menurut mereka lalai, tapi menurut kami penyidik modus,” tegas Tommy.

Menurut Kanit 3 Tipikor Polda Papua Barat ini, dengan sejumlah alat bukti yang dimiliki, akan memacu Penyidik untuk menetapkan siapa-siapa yang akan mempertanggungjawabkannya secara hukum setelah dilakukan gelar perkara. (*)